Kini Gotong Royong Mulai Luntur

 484 total views,  2 views today

Ilustrasi Gotong Royong

Ilustrasi Gotong Royong

PAGARALAM – Hilangnya budaya Gotong Royong dikalangan masyarakat mulai membuat Pemerintah Kota (Pemkot) resah. Pasalnya hal tersebut membuat kebersihan lingkungan di kota Pagaralam mulai tidak terjaga. Sebelumnya setiap hari Jumat warga Pagaralam rutin mengelar Jumat bersih.

Wali Kota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati saat peringatan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong mengatakan bahwa gotong royong selain merupakan warisan nenek moyang, juga menjadi kebudayaan yang harus dipertahankan. Saat ini budaya gotong royong masih ada yang bertahan dan ada juga yang hilang.

“Yang hilang yakni gotong royong masalah kebersihan dilingkungan. Saat ini budaya tersebut sudah banyak yang hilang dan tidak dilakukan lagi,” ujarnya kepada Kabar Sumatera.

Zaman dahulu setiap Jumat masyarakat tidak pergi bekerja atau juga ke kebun untuk bergotong royong. Namun, sekarang ini tidak ada lagi yang melakukan hal tersebut.

“Kami harapkan kedepan gotong royong jangan hanya jadi slogan dan visi misi semata. Tetapi harus dilestarikan misalnya melakukan kebersihan tingkat RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan,” jelasnya.

 

TEKS      : ANTONI STEFEN

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster