Warga Sambut Survey Seismik

 357 total views,  2 views today

Masyarakat mendengarkan penjelasan Adhie Salahudin Achmad, koordinator humas PT Elnusa Tbk terkait rencana Survey seismik 3D Karbela di wilayah kecamatan Tanah Abang

Masyarakat mendengarkan penjelasan Adhie Salahudin Achmad, koordinator humas PT Elnusa Tbk terkait rencana Survey seismik 3D Karbela di wilayah kecamatan Tanah Abang

PALI – Ratusan warga dan tokoh masyarakat Kecamatan Tanah Abang antusias menyambut kegiatan Survey seismik 3D Karbela. Ratusan warga yang berasal dari enam desa dalam wilayah kecamatan Tanah Abang mengikuti sosialisasi di Balai Kecamatan Tanah Abang, Jumat (9/5/2014).

Supran, Kepala Desa tanah Abang Jaya, mengatakan, sebagai kades dirinya menyambut baik  kegiatan yang akan dimulai beberapa hari nanti. “Kita tentunya menyambut baik kegiatan tersebut. Tinggal lagi bagaimana sosialisasi ke warga di desa. Kami harapkan pihak Elnusa menggelar acara seperti ini di desa kami,” kata Supran.

Permintaan ini bersambut dengan keinginan PT Elnusa Tbk sendriri. Adhie Salahudin Achmad, selaku koordinator humas menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan disetiap desa yang terkena survey.

“Kita sudah jadwalkan akan sosialisasi ke desa-desa. Bahkan kita siapkan untuk sosialisasi secara door to door,” kata Adhie.

Dukungan serupa disampaikan Abusron, Kades Tanah Abang Selatan. Menurut kades yang tergolong muda ini, pada dasarnya warga menerima kegiatan seperti ini karena bertujuan untuk mencari sumber minyak. “Pada dasarnya kita setuju,” kata Abusron.

Heriadi, Kepala Dusun (Kadus) II Desa Muara Dua menyatakan hal serupa. “Kegiatan seismik atau dalam bahasa kami siolo sudah tidak asing lagi. Setiap ada siolo atau perusahaan yang masuk alhamdulillah tidak ada kendala. Apalagi cara sosialisasinya mudah dimengerti,” jelas Heriadi.

Dalam sosialisasi yang dihadiri Camat Tanah Abang Asminton SH, Adhie Salahudin menjelaskan bahwa kegiatan Survey seismik 3D Karbela yang saat ini sedang dilakukan di Kecamatan Talang Ubi akan segera memasuki wilayah kecamatan Tanah Abang. Kegiatan Survey ini ditujukan untuk mencari sumber minyak baru.

Dalam pelaksanaannya, Survey ini tidak akan mengganggu tanaman produktif milik warga. Meskipun terpaksa harus mengganggu, PT Elnusa Tbk melalui humas yang selalu hadir dilapangan akan membuat berita acara, untuk kemudian diganti rugi.

“Bagi yang terganggu tanamannya akan kita buatan berita acara dan kita ganti sesuai pergub nomor 25 tahun 2009. Dimana per meter maju akan dibayar Rp 5000/ meter. Lahan yang terkena ini bukan dipangkas tanamannya, tetapi akan dijadikan perlintasan kabel peralatan kami. Jadi tidak mungkin mengganggu tanaman. Kalau ada karyawan kami yang arogan silakan hubungi kami,” jelas Adhie.

 

Teks  : Indra Setia Haris

Editor : junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster