Tunjangan Sertifikasi Triwulan I, Lusa Akan Dicairkan

 315 total views,  2 views today

sertivikasi

MUARA ENIM – Paling lambat lusa (12/5), tunjangan sertifikasi triwulan pertama bagi kalang pendidik di Kabupaten Muaraenim, akan dicairkan dan dikirim langsung ke rekening masing-masing. Kepastian itu, disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muaraenim, Hamirul Han melalui Sekretaris Sertifikasi, Buryono, Jumat (9/5).

Ia menyebut, di Muaraenim ada 2.196 guru yang akan mendapatkan tunjangan profesi tersebut. Tunjangan itu diberikan, kepada guru yang sudah lulus program sertifikasi.  “Kita sudah koordinasikan ke pihak bank, untuk pencairan tunjangan sertifikasi ini,” kata Buryono.

Ia menyebut, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 61 /2014 tentang pedoman umum dan alokasi tunjangan profesi bagi guru PNS, melalui mekanisme transfer daerah, tunjangan sertifikasi) triwulan I dan kurang bayar (cary over) tunjangan profesi 2010 – 2012 telah disalurkan pihak bank pada awal Mei lalu.  “Untuk daftar dan nomor rekening penerima tunjangan, bisa dilihat di kantor Disdikbud Muaraenim,” terang Buryono.

Ia juga menjelaskan, untuk cary over tunjangan profesi guru di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), pembayarannya masih masuk Muaraenim. Jumlahnya pada 2010 ada satu guru, 2011 ada 268 guru dan 2012 sebanyak1.926 guru.  “Namun untuk pembayaran sertifikasi triwulan I, guru di Kabupaten PALI tidak lagi melalui Muaraenim. Sebab mereka sudah jadi kabupaten tersendiri,” ucap dia.

Buryono menerangkan, jumlah guru sertifikasi SD-SMA negeri di Kabupaten Muaraenim sebanyak 2.196 guru. Untuk guru swasta yang sudah sertifikasi, tunjangan profesinya dibayarkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pembayaran tunjangan profesi ini jelasnya, hanya dibayarkan untuk guru yang Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) sudah terbit dari Kemendikbud.  Sementara sebagian guru yang SKTP nya belum terbit (masih dievaluasi), akan dibayarkan pada triwulan kedua (dibayar rapel selama enam bulan).

Buryono menjelaskan, tunjangan profesi adalah tunjangan yang diberikan pemerintah kepada guru yang telah lulus sertifikasi dan memenuhi syarat tertentu, sebagai pengakuan atas kedudukannya sebagai tenaga professional dengan besaran setara satu kali gaji pokok dan dikenakan pajak penghasilan.

Tunjangan baru guru PNS daerah, dibayarkan melalui mekanisme transfer daerah dibawah koordinasi Kemendikbud, sedangkan bagi guru yang bukan PNS dan guru SLB dibayarkan melalui mekanisme transfer pusat oleh Kemendikbud.  “Untuk buku rekening pembayaran tunjangan profesi bagi guru SD PNS daerah, lulusan sertifikasi 2013 sudah dapat diambil melalui BRI Muaraenim,” tukasnya.

 

TEKS            : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster