Dinas PU BM Siagakan Alat Berat

 486 total views,  2 views today

Ilustrasi Alat Berat | Ist

Ilustrasi Alat Berat | Ist

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), akan menyiagakan alat berat di UPTD yang lokasinya berada di daerah rawan bencana alam baik itu longsor maupun banjir. Hal ini diungkap Kepala Dinas PU Bina Marga (BM) Sumsel, Rizal Abdullah.

“Hujan yang sekarang banyak melanda pasti ada pengaruhnya terhadap perbaikan jalan, dan memang beberapa ruas jalan kita terbilang rawan bencana alam karena air, seperti di Kabupaten Empat Lawang dan Lahat. Disana, rawan longsor karena kontur jalan, ada juga yang rawan lonsor karena air pasang,” kata Rizal yang dibincangi, Jumat (9/5) di Pemprov Sumsel.

Rizal tidak menapik, kondisi cuaca saat ini terbilang sangat sulit diprediksi meski memang dalam rencana pengerjaan, faktor cuaca juga sudah dimasukan ke dalam salah satu item penentu waktu kerja. “Tapi kita optimis semua berjalan sesuai rencana, kalau memastikan saya tidak berani, BMKG saja hanya berani memprediksi yang berkaitan dengan cuaca,” bebernya.

Selain menyiagakan alat berat di jalan yang berada di daerah rawan bencana alam, Dinas PU Bina marga juga menyiapkan anggaran khusus, yang bisa digunakan untuk biaya perbaikan jalan jika sewaktu waktu terjadi bencana alam yang merusak akses jalan. “Dana darurat juga kita siapkan, tapi saya lupa berapa besar angkanya,” ungkap Rizal.

Disinggung mengenai kondisi jembatan yang ada termasuk perawatan yang dilakukan oleh pihaknya, Rizal tidak menapik jika ada perbedaan dalam perawatan jalan dan juga jembatan. “Kalau jembatan itu pola perawatannya beda, dan yang dirawat itu bermacam tergantung kondisi, yang perlu di dongkrak kita dongrak dan memang tidak terlalu terpengaruh dengan cuaca,” ujarnya.

Khusus untuk tahun ini, salah satu ruas jalan yang akan dijadikan prioritas perbaikan adalah Jalan Tanjung Api-Api (TAA). Sekarang Dinas PU BM jelasnya, tengah melakukan proses tender untuk jalan tersebut dengan alokasi mencapai Rp 95 miliar.

 

TEKS             : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster