Polisi Sita Truk Hasil Kejahatan

 341 total views,  2 views today

 

PALEMBANG – Diduga hasil kejahatan, satu unit truk Colt Diesel warna kuning dengan nomor polisi BG 8828 UR, yang merupakan barang hasil penggelapan, berhasil diamankan petugas satuan reserse dan kriminal (Sat Reskrim) Polsekta Kemuning Palembang, Kamis (8/5) pukul 11.00 WIB.

Selain mengamankan truk hasil penggelapan tersebut, petugas juga mengaman sopir truk yang bernama Ilwani (38), warga Jalan Pdam, Lorong Hiba III, NO 888, RT 63, RW 22, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, mendapat temuan tersebut Ilwani dan truk tersebut diamankan petugas ke Mapolsek Kemuning Palembang.

Penemuan mobil tersebut berawal dari informasi korbannya, Cahyo Utarama (31), warga Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II, RT 19, RW 4, Gang Jaya, Kelurahan Alang-Alang Lebar, Kecamatan Sukaramei. Saat itu korban melintas di Jalan Soekarno Hatta dan melihat mobil miliknya sedang berada di tempat kejadian perkara (TKP).

Melihat mobil truk yang dicari pihak Leasing PT CMB Niaga Auto Finance, terbukti dari nomor polisi yang asli melekat di truk tersebut.

Oleh korban Cahyo langsung menghubungi pihak kepolisian dalam hal ini Polsekta Kemuning.

Setiba di TKP, petugas langsung mengamankan mobil truk sementara pemilik truk, Ilwani hanya ditetapkan sebagai saksi, lantaran juga menjadi korban.

Kejadian berawal dari tahun 2013, dimana korban Cahyo pernah mengajukan kredit untuk kepemilikan kendaraan mobil kepada pihak Lesing PT CMB Auto Finance dan korban Cahyo telah memenuhi persyaratan seperti KTP dan Kartu Keluarga.

Akan tetapi oleh pelaku Hidam Amali (28), warga Poligon Bukit Besar Musi II Palembang, yang saat itu bekerja sebagai Survei Analis Kredit CMB, menuturkan jika kredit korban ditolak (tidak diurus pelaku-red).

Merasa kredit ditolak, korban pun menganggap tidak terjadi apa-apa. Lain lagi oleh pelaku Hidam, saat berkas korban tidak diambil atau ditarik, ternyata digunakan pelaku Hidam untuk diajukan kembali atas kredit satu unit truk.

Pelaku dengan mengunakan persyaratan korban seperti KTP dan KK korbanpun berjalan mulus, terbukti pihak PT CMB Auto Finance mensetujui kredit mobil truk tersebut. Untuk menutupi akal busuk pelaku yang saat itu bekerja di PT CMB, selama 5 bulan pelaku membayar ansuran mobil sampai 5 kali dan pelakupun berhenti bekerja di PT CMB.

Saat pelaku Hidam berhenti, secara otomatis pembayaran kredit atas moblit truk terhambat, kemudian dari sinilah diketahui jika pelaku Hidam melakukan penggelapan dengan mengunakan nama korban Cahyo.

Sementara saat petugas PT CMB Auto Finance mendatangi rumah korban untuk mempertanyakan tunggakan kredit, korban merasa bingung karena korban tidak pernah merasa mengkredit mobil truk yang dimaksud.

Di hadapan petugas kepolisian saat itu, korban berjanji akan ikut membantu menemukan mobil truk yang digelapakan pelaku, saat berjalan itulah mobil ditemukan yang ternyata mobil bukan lagi milik pelaku Hidam, melainkan sudah milik pihak ketiga dalam hal ini Ilwani.

Kapolsek Kemuning Palembang, Ajun Komisars Polisi (AKP) Nuraini, melalui Kanit Reskrim Inspektur Polisi Dua (Ipda) Yahya Roni saat dikonfirmasi mengatakan, mobil truk hasil penggelapan ini berhasil diamankan dari pihak ketiga.

“Mobil ini hasil pengelapan yang dilakukan pelaku mantan karyawan PT CMB Auto Finance yang saat ini kita buru. Modusnya, pelaku menggunakan syarat-syarat pengajuan kredit dari konsumen yang tidak disetujui, setelah diurusnya, permohonan pengajuan kredit oleh pelaku ternyata di ACC,” jelasnya.

Masih dikarakan Yahya Roni. Saat ini pihaknya masih terus memburu pelaku Hidam dan kasus ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut karena barang bukti sudah ditangan pihak ketiga yang ternyata menjadi korban pelaku Hidam.

“Kita sudah minta keterangan para korban termasuk korban Ilwani itu ternyata juga membeli mobil dari Usri (DPO), setelah dirinya menukar mobil yang lama ditambah uang tunai 20 juta untuk mendapatkan mobil truk tersebut. Apalagi menurut pengakuan Usri, mobil berasal dari undian pihak Gas Pertamina,” pungkasnya.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster