Peretas Situs DKKP Diputus

 282 total views,  2 views today

hacker

hacker Ist

LAHAT – Kamis (8/5/2014), putusan sidang kasus peretas Situs www.dkpp.go.idmilik dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP) yang menjadi tersangka yakni Harison (22)alias Chmod775 alias chmodrwxrwx@yahoo.co.id yang merupakan penjaga Warnet Delta Net yang berada di jalan Mayor Ruslan III,Kelurahan Pasar Lama,Lahat.

Sidang di pengadilan negeri (PN) Lahat sejak 26 Maret 2014 dengan Keputusan hakim lebih singkat dari tuntutan JPU yang menuntut 12 bulan sementara dari putusan hakim diputuskan 10 bulan masa tahanan denda Rp1juta atau 1 bulan tahanan.

Harison yang merupakan warga Muara Mais, Desa Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Ini di tanggap di Warnet Delta Net Kamis (26 Desember 2013) sekitar pukul 23.00 WIB langsung dari Mabes Polri. Dan ditahan di Rutan Mabes Polri sejak 8 Januari silam hingga 4 Maret silam.

Menurut JPU Apriyanti SH, karena kejadian sendiri di Lahat maka persidangan dilakukan di Lahat. “Dengan menghadirkan 4 orang saksi-saksi dari DKPP, Penyidik Mabes Polri, teman yang bersangkutan dan saksi ahli dari Kemenkoinfo,” Jelas Jaksa Apriyanti.

Persidangan yang berlangsung pukul 16.00 di Ruang Sidang I PN Lahat ini dengan Hakim Ketua Abdul Ropik SH MH, masing-masing Hakim Anggota Andris Henda Gautama SH, Joni Mauluddin Saputra SH dan Panitera Edilhi Matseri berlangsung sekitar setengah jam.

Menurut Hakim Ketua Abdul Ropik, putusan tersebut disebabkan pelaku Harison mengakui dan menyesali perbuatannya. “Apalagi tidak pernah terlibat tindak Kriminal dan dirinya juga masih muda diharapkan bisa berubah,” tegasnya.

Terpisah,pengakuan Harison alias Chmod775 sendiri dirinya iseng merubah tampilan situs tersebut. “Tujuannya cuma main-main dengan sesama hacker lainnya,” pengakuan Harison di persidangan.

Meski dampaknya, mempengaruhi dalam pengawasan Pemilu yang ada, membahayakan embaga pemerintah dan informasi publik

.

TEKS     : JUMRA ZEFRI
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster