Jalinsum Lahat-Pagaralam Parah

 261 total views,  2 views today

Jalan Desa Tanjung Sirih penuh lubang sedalam setengah lingkaran ban motor. Kini dijalur ini pengendara harus buka tutup jalan.

Jalan Desa Tanjung Sirih penuh lubang sedalam setengah lingkaran ban motor. Kini dijalur ini pengendara harus buka tutup jalan.

LAHAT – Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lahat-Pagar Alam kini semakin parah. Buktinya sepanjang jalan Desa Tanjung Sirih penuh dengan lubang sedalam setengah lingkaran ban motor, dijalur inipun pengendara harus buka tutup jalan karena kondisinya sudah memakan setengah badan jalan.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, bukan hanya didesa ini saja, didesa lain pun kondisi jalannya pun miris, seperti kecamatan tanjung tebat Kabupaten Lahat jalannya berdebu sebab tanah pinggir jalan sudah memasuki badan jalan.

Di kecamatan pulau pinangpun juga begitu, kondisi jalan tidak merata alias seperti tangga, atau bergejolak seperti ombak disinipun pengendara harus ekstra hati-hati jika tidak hati-hati pengendara bisa terjatuh dan terbalik.

Kondisi jalan Lahat – Pagaralam ini sudah rusak bertahun-tahun dan tidak ada realisasi dari pemerintah guna memperbaiki jalinsum lahat-pagar alam ini. Niar (35) warga kecamatan tanjung tebat menuturkan bahwa, dirinya sangat menyayangkan kondisi jalinsum seperti ini, sebab dirinya takut jika pengendara yang sedang melintas dijalur ini ngebut bisa-bisa terbalik karena melihat kondisi jalan sudah tidak layak untuk dilewati.

“Kami sebagai warga tidak bisa berbuat apa-apa, karena kondisi jalan sudah seperti ini sudah pernah ada mobil pengangkut ikan yang mau ke kalangan terbalik, untung ada rumah warga yang dekat dipinggir jalan, sehingga mobil bisa berangkat kembali namun ikannya sudah banyak mati terlimpis mobil,” ceritanya.
Iapun menuturkan, melihat banyaknya kejadian dijalur ini ia berharap agar pemerintah baik kabupaten maupun provinsi bisa memperbaiki jalur lahat-pagar alam ini.

Disamping itu Nur (56) pengendara roda dua yang melintas dijalur tersebut bertepan dengan wartawan KS melintas, Kamis (8/5) mengatakan, ia selalu berhati-hati dijalan ini karena pernah dirinya terbalik karena nerabas lobang dan pelk nyapun bengkang membengkang.
“Mano perwakilan rakyat ni udem itu mano pulo pemerintah ni idak memperbaiki jalan, padahal sudah tau rusak merusak kayak ini, payo benerilah jangan dilakuke kayak ini pacak banyak korban agek nyo karena menerobos jalan yang berlubang parah,” jelasnya.

TEKS   : JUMRA ZEFRI
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster