BAPPEDA Kabupaten MUBA Terapkan Absensi Biometrik

 236 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

SEKAYU – Berbagai upaya dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba), untuk mendorong profesionalitas dan meningkatkan disiplin pegawai dalam mematuhi ketentuan jam kerja yang berlaku, salah satunya dengan menggunakan mesin absensi elektronik.

Jika beberapa SKPD memilih menggunakan absen sidik jari (fingerfrint), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Muba, memilih menggunakan Absensi Biometric (face scan) atau biasa dikenal scan wajah.

Kepala Bappeda Kabupaten Muba, Faisyar melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Muhammad ketika ditemui, kemarin mengatakan penggunaan mesin absensi biometrik dinilai mudah dan praktis, pegawai dapat mengisi absen dengan cara berdiri di depan mesin absensi untuk mendeteksi wajah dan sidik jari.

“Setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib memenuhi jam kerja dalam satu hari yaitu 7,5 jam. Pengisian absensi elektronik dalam satu hari dilakukan tiga kali yakni pukul 07.30 WIB, pukul 13.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. Dengan menggunakan absensi ini memberikan kemudahan dalam mengontrol kinerja pegawai, karena mereka harus hadir sendiri untuk melakukan absen, sehingga tidak ada lagi istilah titip absen,” jelasnya.

Ditambahkannya, absensi biometrik (face scan) ini tidak dapat dimanipulasi sebab yang digunakan adalah karakteristik yang terdapat pada diri pegawai itu sendiri, sehingga data yang masuk tentunya akurat.

“Kebijakan ini diambil  agar mampu berimbas positif terhadap tercapainya peningkatan kinerja dan etos kerja pegawai. Pegawai yang tidak masuk kerja pada rekap daftar hadir harus memberikan surat keterangan, karena jika ada pegawai yang tidak mematuhi peraturan atau membandel akan ditindak dan diberikan sanksi tegas,” tukasnya.

 

TEKS          : BAGUS SANTOSO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster