Awas, Makanan Kadaluarsa di Indomart

 392 total views,  2 views today

Ilustrasi Foodmart

Ilustrasi Foodmart

INDRALAYA – Hati-hati saat membeli susu, makanan, biskuit serta minuman di minimarket. Pasalnya, meski tempat belanja sudah modern namun masih banyak terdapat makanan dan minuman kadaluarsa.

Seperti yang ditemukan saat Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Ilir di Indomaret Desa Talang Tengah Darat, Kecamatan Lubuk Keliat, Rabu (7/5) kemarin.

Petugas menemukan susu formula khusus ibu hamil, susu balita beberapa biskuit serta teh kemasan botol yang kadaluarsa lewat masa konsumsi.

“Ya memang berdasarkan sidak kita temukan makanan dan minuman kadaluarsa, sudah kita peringatkan kepada petugas Indomart agar tidak menjual makanan minuman kadaluarsa karena mengandung racun dan tidak layak konsumsi,” papar Chiril Anwar, petugas Dinkes Ogan Ilir bagian Pengawasan Makanan dan Minuman.

“Sudah dipisahkan makanan dan minuman itu tapi tidak bisa kita tarik soalnya untuk penarikan melibatkan Pol PP, sementara tim kita sekarang dengan disperindag,” sambungnya.

Menurutnya sejak beberapa hari terakhir pihaknya melakukan sidak di minimarket modern. Bahkan kedepan selain Kecamatan Lubuk Keliat pihaknya juga akan melakukan sidak ke daerah perkotaan.

Terpisah, Kepala Dinas Ogan Ilir H Kosasi mengatakan sidak tempat penjualan makanan dan minuman sangat penting dilakukan guna memantau sejauh mana tingkat hiegenitas dan masa kadaluarsa.

“Setidaknya hampir setiap bulan sidak dilakukan baik bekerjasama dengan Disperindagkop, untuk BPPOM kita sifatnya hanya memberikan laporan kalau memang banyak makanan dan minuman kadaluarsa atau tidak layak konsumsi karena mengandung zat beracun. Yang jelas, kita imbau kepada masyarakat agar lebih teliti dan berhati-hati membeli dan mengkonsumsi makanan dan minuman,” paparnya.

Sementara itu, petugus Indomart yang enggan menyebutkan namanya mengaku tidak mengetahui jika ada produk yang kadaluarsa.

“Kami hanya terima barang dari suplier tidak tahu kalau kadaluarsa,” singkatnya.

 

TEKS   : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster