UN Gagal, Kepsek Akan Dievaluasi

 210 total views,  2 views today

ilustrasi UN

ilustrasi UN

PALI – Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Drs M Amin MM, menargetkan tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) SMP tahun 2014 yang pertama kali diadakan di PALI harus mencapai angka 100 persen tanpa terkecuali.

Apabila hal tersebut tidak tercapai, pihaknya tidak akan segan-segan akan melakukan pemanggilan terhadap kepala sekolah (kasek) yang dianggap gagal mendidik pelajar tersebut, dan langsung melakukan evaluasi terhadap guru-guru yang bertugas di sekolah tersebut dan kepala sekolahnya.

“Target kita untuk kelulusan UN di tingkat SMP tahun ini 100 persen, dan itu harga mati. Apabila tidak tercapai kita nilai bahwa sekolah tersebut berarti gagal. Kepsek  beserta guru-gurunya akan kita panggil, untuk mempertanyakan apa penyebabnya, lalu akan kita evaluasi,” ujarnya.

Ia menambahkan,  hasil akhir ujian nasional nanti, bukan satu-satunya ukuran dalam menilai kesuksesan dunia pendidikan di Kabupaten PALI. “Yang terpenting adalah penilaian kualitas itu sendiri. Bukan sekedar angka-angka semata,” tambahnya.

Karena tugas guru, ialah untuk menciptakan empat dimensi insan Indonesia cerdas. “Jadi jangan sampai terpaku pada angka-angka nilai semata. Yang terpenting itu adalah bagaimana menjadikan siswa mengerti dan memahami materi yang diberikan. Buat apa nilainya sembilan, sementara pengetahuannya sendiri dibawah standar,” pungkasnya.

 

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster