Rekapitulasi Ulang Diperpanjang

 241 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memperpanjang deadline rekapitulasi ulang perolehan suara DPR RI dan DPD RI di Kabupaten Musi Rawas (Mura), hingga 9 mei mendatang, kepada KPU Sumsel.

Jika sebelumnya KPU Sumsel, dideadline hingga malam ini, Selasa (6/5) pukul 00.00 WIB, keputusan terbaru KPU RI memperpanjang masa rekapitulasi hingga Jumat mendatang. “KPU RI sudah merubah PKPU 21/2013 tentang tahapan sehingga rekap akhir dari tanggal 6 menjadi tanggal 9 Mei. KPU RI memperpanjang waktu tiga hari kepada KPU Sumsel,” kata komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Ahmad Naafi, Selasa (6/5/2014).

Kendati masa rekapitulasi diperpanjang, namun KPU Sumsel tetap berusaha menuntaskannya pada malam ini. KPU Sumsel ingin mencapai target awal meski tenggat waktui masih menyisakan hingga tiga hari lagi. “Walaupun diundur, kita berusaha selesaikan malam ini pukul 24.00 WIB,” ucapnya.

Dikatakan Naafi, pihaknya tetap menuggu C1 plano yang masih dalam perjalanan menuju kota Palembang, ditunggu selasa malam hingga pukul 22 : 00 WIB. “C1 plano yang belum tiba, tidak akan menganggu tahapan penghitungan ulang karena KPU RI telah memberikan kelongoran waktu. Sehingga kita berkeyakinan, akan menuntaskan penghitungan ulang tepat waktu,” jelasnya.

Namun dalam penghitungan ualng ini, pihaknya menemukan persoalan, karena setelah dilakukan buka kotak tidak semua C1 plano lengkap untuk setiap kecamatannnya, sehingga ini menjadi catatan bagi KPU Sumsel dalam penyerahan hasil penghitungan ulang nanti kepada KPU RI.

Di Mura terdapat 1.244 TPS, 277 kelurahan dan 21 Kecamatan, meskipun molor dari jadwal sebenarnya, KPU Sumsel tetap yakin, rekapitulasi akan selesai tepat waktu dan segera dibawa ke Jakarta.

“Kami hanya melakukan rekapitulasi saja. Sedangkan pengawas dan saksi hanya mengawasi, tanpa ada sanggahan. Untuk segala keberatan, silakkan saja dilakukan nanti saat lanjutan rekapitulasi nasional di KPU RI,” ujarnya.

Hingga berita ini diturukan, proses rekapitulasi ulang masih berlanjut. Diprediksi proses rekap tak akan selesai hingga hari ini, mengingat baru 3 kecamatan untuk tingkat DPD yang tuntas dilakukan pengitungan ulang sedangkan, 11 kecamatan dari 21 kecamatan se Kabupaten Mura.

Semnetara itu, Komisioner Bawaslu Sumsel, Kurniawan mengatakan, adanya C1 plano yang dinyatakan hilang harus di cek terlebih dahulu, karena C1 plano yang ada sangat banyak sehingga ditakutkan C 1 tersebut belum ditemukan bukan hilang.

Selama rekapitulasi ulang terangnya, Bawaslu menemukan banyak C1 plano kurang. Misalnya dari satu kecamatan harusnya ada 50 C1 plano, kenytaanya yang ada hanya 30 C1 saja, itu juga ada C1 Plano yang berkasnya sudah terhapus.  “Semua temuan ini, akan kita sampaikan ke Bawaslu RI. Sehingga kita belum dapat merekomendasikan persoalan ini, karena keputusaan sepenuhnya ada di pusat,” bebernya.

Bagaimana dengan tuntutan pemungutan suara ulang (PSU) di Mura yang diajukan oleh saksi Parpol dan calon DPD ? menurut Kurniawan pihaknya, juga tidak dapat memberikan jawaban karena kewengan tersebut sepenuhnya ada di pusat bukan Bawaslu Sumsel.

Sebelumnya, saksi Partai Nasdem, Suparman Roman meminta digelar PSU di Kabupaten Mura. Sebab dari enam kotak suara yang sudah dibuka, banyak C1 yang hilang sehingga hasilnya diragukan.

 

TEKS          : DICKY WAHYUDI

EDITOR       : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster