PD Pasar Siapkan Pos Tertib Ukuran

 202 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Untuk menertibkan ukuran berat timbangan di pasar-pasar tradisional di metropolis, PD Pasar Palembang Jaya, akan buat pos tertib ukuran di lima titik pasar. Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi Ces Busri mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan pasar tertib, bukan hanya ukuran berat timbangan yang sama, tetapi termasuk pasar bersih dan keamanan juga terjaga dengan baik.

“Pos tersebut, tahun ini akan dibuat lima pasar, yakni Pasar Cinde, KM5, 16 Ilir, Kuto, dan pasar Lemabang.  Di pasar tersebut, akan dibuat percontohan, kami pilih lima pasar itu, karena transaksi yang paling banyak menggunakan timbangan,” kata Apriadi saat dibincangi Selasa (6/5).

Menurut Apriadi, setelah pos tersebut didirikan, PD Pasar akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, agar menempatkan petugasnya dipos tersebut. “Yah, kita akan lapor ke Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang maupun Disperindagkop provinsi. Sehingga ada petugas mereka yang stand by di pasar, untuk melakukan tera ulang timbangan pedagang,” terangnya.

Apriadi mengaku, hal tersebut dilakukan untuk memudahkan para pedagang untuk melakukan tera ulang ulang timbangan. Karena selama ini, para pedagang merasa kesulitan untuk melakukan tera ulang timbangan. “Jadi ketika pedagang ingin melakukan tera ulang timbangan, tinggal datang ke pos yang sudah disediakan, tidak harus datang ke Disperindagkop,” ucapnya.

Apriadi menyebutkan, PD Pasar sudah banyak  menerima laporan adanya pedagang yang bermain curang, dengan mempermaikan memberatkan timbangan. Pihaknya berharap, dengan adanya pos tersebut, mampu meminimalisir kecurangan. “Dengan ditempatkannya pos tersebut akan lebih memudahkan Disperindagkop juga dalam melakukan tera ulang,”sebutnya.

Selain itu, Apriadi menambahkan, untuk menuju pasar tertib, pihaknya juga merencanakan untuk meyediakan pos bagi ibu menyusui. “Kita juga akan bangun pos kesehatan, sehingga ketika ada kejadian konsumen tak sadarkan diri atau terjadi musibah lainnya, bisa segera ditangani oleh para medis yang ada di pasar, sehingga konsumen nyaman datang ke pasar,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster