Kuota CJH tak Berubah

 288 total views,  2 views today

Ilustrasi Jemaah Haji | Bagus Park

Ilustrasi Jemaah Haji | Bagus Park

PALEMBANG – Kuota haji Sumatera Selatan (Sumsel) untuk 2014, tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya atau tetap dikurangi sebanyak 20 persen. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel, H Hambali didampingi Kasubag Humas, Syaefuddin Latief saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (6/5).

Menurut Hambali, dari 6.300 lebih calon jamaah haji (CJH) Sumsel, dikurangi 20 persen maka kuota haji Sumsel tahun ini menjadi 5000 lebih. Semestinya terang dia, kuota CJH Sumsel tahun ini ada peningkatan.

Karena jumlah masyarakat yang mendaftar terangnya, semakin banyak sehingga jumlah waiting list pun semakin panjang. “Memang, penetapan kuota calon jamaah haji wewenang pemerintah pusat, karena jatahnya dibagi ke seluruh wilayah di Indonesia,” kata Hambali, yang baru dilantik pada 30 April lalu sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sumsel.

Ditambahkan Hambali, untuk kloter pertama CJH asal Sumsel, tahun ini di jadwalkan masuk asrama pada awal Agustus mendatang. Kemudian langsung diberangkatkan sebulan kemudian, yakni awal September mendatang.

“Sebelum berangkat calon jamaah haji itu harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan berbagai persyaratan termasuk kesehatan. Apalagi sekarang sedang ada virus MERS yang membahayakan CJH dan berbagai kalangan lain,” bebernya.

Dia menegaskan, untuk daftar tunggu CJH reguler asal Sumsel dipastikan hingga tahun 2026 sebanyak 74.600 lebih calon jamaah. Sedangkan untuk haji plus daftar tunggunya hingga tahun 2019 mendatang.

“Itu data akurat yang kami sampaikan. Jadi, jika ada pihak KBIH yang mengatakan haji plus akan berangkat tahun 2014 ini juga, itu patut diwaspadai dan hati-hati menyikapinya sebab jangan sampai terulang kejadian seperti tahun lalu yaitu, ada CJH asal OI yang gagal berangkat karena bermasalah dari KBIH tempat mereka mendaftar,” tukasnya.

 

TEKS          : IMAM MAHFUZ

EDITOR        : DICKY WAHYUDI  





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster