Kucuran Dana Kredit Bank Mandiri Dikuasai Sektor Perkebunan

 247 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Kucuran dana kredit di Bank Mandiri untuk kantor wilayah (kanwil) II Sumbagsel ternyata dikuasai oleh sektor perkebunan karet dan sawit.

Bahkan, dua sektor perkebunan ini didominasi oleh tiga daerah didua kabupaten Sumsel, yaitu Baturaja di Ogan Komering Ulu (OKU), Banyu Lincir Musi Banyuasin (Muba) dan Sungai Lilin (Muba).

Seperti diungkapkan Apriyadi, Cluster Manager UUM Bank Mandiri Kanwil 2, menurutnya 60 persen peminjaman kredit dikuasai dua usaha perkebunan ini.

“Memang lebih banyak ke kabupaten, bahkan jumlah penyerapan kredit di Palembang kalah dibandingkan dua kabupaten tersebut,” katanya kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Selasa (6/5).

Apriyadi menambahkan, kredit Usaha Mandiri pun menjadi salah satu program yang yang diincar masyarakat. Anggaran Micro Business District Center (MBDC) tahun ini ditargetkan mencapai Rp 5,5 Triliun, yang saat ini sudah terserap mencapai Rp 3,8 Triliun.

Hingga saat ini total jaringan MBDC sudah mencapai 2.620 usaha dengan penambahan 700 cabang baru di kanwil II.

“Baru awal Februari 2005 kita bermain di kredit miro, namun hanya 9 tahun, ada peningkatan kebutuhan kredit. Dan kita sudah diposisi kedua dibawah Bank Rakyat Indonesia (BRI),” lanjutnya.

Menurut dia, pihaknya optimistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan karena jumlah nasabah yang melakukan pinjaman modal usaha kecil dan menengah di Bank Mandiri saat ini terus meningkat.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan angka penyaluran kredit dengan menggandeng perusahaan yang mempunyai binaan, seperti Alfamart Palembang, agar target tersebut dapat dicapai,” katanya.

TEKS  : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster