Waspadai Virus MERS

 230 total views,  2 views today

Seorang Petugas Dinkes sedang Memberikan arahan kepada calon Cemaah Haji terkait Virus MERS

Terlihat Seorang Petugas Dinas kesehatan sedang memeriksa calon Cemaah Umroh Untuk Mengantisipasi Virus MERS.

PALEMBANG – Sejak beberapa pekan terakhir, dunia dikejutkan dengan adanya virus baru yakni Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Virus ini, menyebar di negara-negara di kawasan timur tengah.

Sampai saat ini menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Anton Suwindro, penyebab virus tersebut belum diketahui. Karenanya masyarakat Kota Palembang, yang hendak menunaikan ibadah umroh dan haji, diminta mewaspadai virus tersebut.

“Kami hanya menghimbau kepada warga Palembang, yang hendak menunaikan ibadah umroh dan haji, untuk berhati-hati dengan penyebaran virus tersebut. Informasi yang kita dapat, virus itu berasal dari unta. Jadi jangan sampai kontak langsung atau minum susu unta, intinya harus waspada, “ kata Anton yang dibincangi, Senin (5/5/2014).

Menurut Anton, Menteri Kesehatan (Menkes), juga telah menghimbau masyarakat waspada terhadap virus tersebut. Apalagi sebutnya, vaksi MERS belum ditemukan, kondisi kian diperparah dengan penyebaran virus tersebut yang bisa bermutasi atau berpindah.

“Kemenkes belum bisa menyimpulkan, apakah virus MERS berasal dari unta atau bukan, perkembangan virus tersebut dapat bermutasi dalam lingkungan tertentu. Kalau virus tersebut masih bermutasi, maka tidak dapat dibuatkan vaksinnya,” bebernya.

Menurut Anton, masalah tersebut sama halnya dengan pembuatan vaksin HIV/AIDS yang belum dapat dilakukan, karena virusnya masih bermutasi. Namun, apabila vaksin tersebut sudah dikeluarkan oleh WHO, maka Indonesia siap untuk membuat vaksin MERS.

“Informasi yang kami terima dari Kemenkes, apabila WHO sudah keluarkan vaksinnya, maka Indonesia juga bisa, karena peralatan kesehatan sudah lengkap, sehingga Indonesia bisa memproduksi didalam negeri, dan dibagikan ke daerah-daerah di Indonesia termasuk Palembang,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster