Warga Keluhkan Penimbunan

 870 total views,  2 views today

PALEMBANG – Warga di kawasan Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Palembang, mengeluhkan adanya penimbunan yang dilakukan pihak pengusaha untuk membangun perumahan. Sebab akibat penimbunan tersebut, menyebabkan kawasan tersebut kini mudah tergenang banjir.

“Kawasan Tanjung Rawa dan Talang Bubuk, merupakan tempat resapan air atau rawa, apabila ditimbun, otomatis banjir akan semakin parah di kawasan Macan Lindungan,”kata Suryadi (45), salah satu warga Macan Lindungan yang dibincangi, Senin (5/5/2014).

Suryadi mengaku, saat ini kawasan setiap hujan deras mengguyur maka dipastikan kawasan Macan Lindungan akan mengalami banjir. Bahkan kata dia, banjir yang terjadi di kawasan Macan Lindungan tingginya mencapai 70 centimeter bahkan pernah sampai satu meter lebih.

“Bagaimana jika ditambah penimbunan lagi. Mungkin rumah kami juga ikut tenggelam, jadi kami harapkan pemkot bisa melakukan pengecekan atau jangan mengeluarkan izinnya, atau mencabut izinnya, karena yang ditimbun adalah rawa-rawa,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Tabrani mengatakan, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2012,  ada beberapa kawasan yang boleh ditimbun dan ada yang dilarang ditimbun.

Ia menjelaskan, ada tiga spesifikasi rawa di Palembang. Yakni rawa budidaya, rawa konservasi dan rawa reklamasi. Rawa budidaya dan konservasi tegasnya, dilarang ditimbun oleh siapapun. Sedangkan rawa reklamasi boleh ditimbun.

“Jadi apabila mereka tidak memiliki izin, maka kami akan hentikan penimbunan, tetapi apabila kawasan tersebut rawa yang boleh ditimbun, itu artinya harus mempunyai kesepakatan dengan warga sekitar akan dampak penimbunan,” ujarnya.

Tabrani menyebutkan, saat ini luasan rawa konservasi mencapai 2.106,13 hektar dan rawa budidaya seluas 2.811,21 hektar. “Untuk proses penimbunan diatas rawa reklamasi, harus menyisahkan 30 persen dari lahan, agar tetap dibiarkan sebagai rawa,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster