Rekapitulasi Ulang Mura Tertunda

 278 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG – Rekapitulasi ulang perolehan suara untuk tingkat DPD dan DPR RI dari Kabupaten Musi Rawas (Mura), yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), terpaksa ditunda.

Padahal Senin (5/5), KPU Sumsel harusnya sudah memulai rekapitulasi ulang tersebut. Hal ini disebabkan karena hingga waktuyang ditentukan, C1 plano belum juga datang. “Rapat pleno diskors, karena C1 dari Kabupaten Mura, masih dalam perjalanan. Kemungkinan, pleno akan dilaksanakan nanti malam (semalam),” kata Kabag Hukum dan Hupmas KPU Sumsel, Agus Heri Pramono, kemarin.

Menurut dia, C1 plano yang dibutuhkan untuk melakukan rekomendasi dari Bawaslu RI, baru bergerak dari Kabupaten Mura, sekitar pukul 13.30 WIB. Adapun perjalanan dari Mura, menuju Palembang, memakan waktu lebih kurang tujuh jam. “Kemungkinan baru sampai di Palembang, sekitar pukul 21.00 WIB,” jelasnya.

Sementara, Komisioner KPU Sumsel, Divisi Sosialisasi, Ahmad Naafi menyampaikan, keterlambatan pengiriam formulir C1, karena ada mis-komunikasi sehingga diberangkatkan dari Mura, ke Palembang, terhambat.  “Kalau tidak ada halangan skorsing rapat pleno akan dilanjutkan pada pukul 21.00 WIB,” ucapnya.

Pantauan di lapangan, sejak pagi kemarin ratusan apat kepolisin kembali berjaga-jaga di Kantor KPU Sumsel, yang dikomandoi langsung oleh Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabarudin Ginting.

Pengamanan, yang dilakukan secara tertutup dan terbuka. Bahkan, guna menciptakan keamanan dan kondusifitas di lokasi pleno, semua orang yang masuk diperiksa secara ketat dan harus melalui metal detektor.

Karena hal ini bersifat tidak diduga-duga, maka pihaknya juga melakukan rapat koordonasi dengan para perwira menengah dan perwira pertama, di halaman Kantor KPU Sumsel. Sabarudin Ginting menyampaikan, dalam mengamankan rekapitulasi ulang perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) tingkat DPD dan DPR RI se- Kabupaten Musi Rawas (Mura) di KPU Sumsel, pihaknya mengerahkan anggota sebanyak 397 personil.

Selain itu, juga dibackup oleh Brimob yang berjumlah satu kompi. “Semua kesiapan sudah dilakukan, untuk mengamankan rekap dari Kabupaten Mura. Jumlah personilnya sebanyak 397 anggota Polresta dan 1 kompi SatBrimob Polda Sumsel,” katanya.

Menurut dia, pengamanan dilakukan sebagaiamana pada saat rekapitulasi tingkat provinsi sebelumnya. Pola yang dilakukan, terbuka dana tertutup. Dengan kata lain, selain menugaskan anggota berseragam di setiap sudut Kantor KPU.

Pihaknya juga, menyebar intelkam dengan menggunakan pakaian preman. Dia juga menambahkan, pihaknya tidak mengetahui sampai kapan pelaksanaan pengaman rekap tersebut. Namun, pihaknya akan melakukan pengaman hingga rekap selesai dan melakukan pengaman selama 24 jam. “Kita lihat jadwal KPU Sumsel sampai kapan. Terkait potensi kericuan, kita sesuaikan mekanisme yang ada dan sesuai Perpu yang ada,” tukasnya.

 

TEKS            : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster