Kantor Kades Terancam Ambruk

 1,042 total views,  2 views today

BATURAJA – Kantor Kepala Desa (Kades) Laya, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU),  yang dibangun dengan anggaran APBD OKU Tahun 2012 dan selesai pada pertengahan tahun 2013, kini terancam ambruk.

Pasalnya, kantor yang dibangun di atas timbunan rawa-rawa tersebut tidak dipasang turap atau dinding penahan. Kades Laya, Syamsul HZ, saat ditemui, Senin (5/5) mengaku, tidak mengetahui berapa besaran dana yang digunakan untuk membangun kantor permanen tersebut. Pasalnya, kantor desa itu dibangun sebelum ia menjabat sebagai kades.

“Setahu saya, kantor tersebut dibangun dengan dana APBD OKU 2012 dan selesai pertengahan tahun 2013. Untuk besaran dananya saya tidak tahu persis berapa jumlahnya,” kata Syamsul, kemarin.

Menurut Syamsul, setelah dirinya dilantik menjadi Kades Laya pada Januari 2014, ia bermaksud untuk menempati kantor tersebut. Namun ternyata,  kondisi bangunan itu sudah sulit untuk ditempati.  Pasalnya, banyak keramik pada bagian depan kantor yang pecah dan hilang.

“Banyak keramik pada bagian depan kantor yang lepas dan ternyata kondisi kantor tersebut juga bergelombang, karena tanah bangunan kantor itu bergeser akibat hujan deras yang sering mengguyur kota Baturaja dalam beberapa bulan terakhir,” ujar Syamsul.

Syamsul berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU melalui instansi terkait dapat memperbaiki kantor tersebut, karena jika tidak diperbaiki maka kemungkinan besar kantor yang dibangun permanen itu  akan roboh akibat tidak adanya dinding penahan tanah kantor.

“Kami berharap, pihak terkait bisa secepatnya membangun dinding penahan tanah kantor tersebut. Karena dinding penahan tanah yang ada sekarang ini hanya terbuat dari kayu yang saat ini sudah lapuk. Kalau dibiarkan terus maka besar kemungkinan kantor tersebut akan ambruk,” tukasnya.

TEKS             : MUSLIM

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster