Harga Cabai Terjun Bebas

 277 total views,  2 views today

Cabai

Cabai

MUARA ENIM – Harga komoditas sayuran di Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim cenderung turun, salah satunya cabai merah besar. Sebelumnya harga cabai merah besar perkilogram nya Rp 60 ribu, namun saat ini turun menjadi Rp 48 ribu per kg.

Pantauan koran ini di Pasar Lama Tanjung Enim, Senin (5/5/2014), harga beragam jenis cabai telah mengalami penurunan, sejak beberapa pekan sebelumnya. Harga cabai merah kecil misalnya, rata-rata pedagang mematok dengan harga Rp 40 ribu per kg.

Sedangkan komoditi lain seperti telur ayam dari Rp 15 ribu per kg menjadi Rp 16 ribu per kg. Minyak goreng curah harganya masih stabil, dikisaran Rp 12 ribu per per kg. Sementara daging ayam, justru mengalami kenaikan menjadi Rp 28 ribu per kg dari sebelumnya Rp 25 ribu per kg.

Ayu (40), salah satu pedagang sayuran di Pasar Lama Tanjung Enim mengaku, penurunan harga cabai tersebut dipengaruhi oleh lancarnya pasokan cabai dari para petani. Ia mengatakan, cabai yang dijual di Pasar Tanjung Enim berasal dari beberapa wilayah di Sumsel seperti Pagaralam dan Semendo.

“Kalau pasokan cabai dari petani melimpah, biasanya harganya akan turun. Namun begitu, ada lonjakkan permintaan dari para pelanggan, maka harganya kembali naik,” kata Ayu yang dibincangi, kemarin.

 

TEKS            : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster