2.398 Siswa SMP Sederajat Ikut UN

 65 total views,  3 views today

Ujian Nasional SMP/MTS |Foto : Iwan Cheristian

Ujian Nasional SMP/MTS |Foto : Iwan Cheristian

PAGARALAM – Senin (5/5/2014) sebanyak 2.398 siswa/i, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat tercatat menjadi peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP sederajat akan menghadapi ujian hingga 9 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Drs H Syafrani melalui Kabid Persekolahan Parliansyah ST menyebutkan, dalam menghadapi ujian nasional (UN) tersebut, ada 3 sub rayon SMP sederajat di Pagaralam, diantaranya sub Rayon I SMP Negeri 1, sub rayon II SMP Negeri 3 dan sub Rayon III SMP Negeri 4.

Dikatakannya, total peserta ujian yang masuk daftar peserta ujian (DPU) meliputi SMP negeri/swasta atau MTs sebanyak 2.398 peserta tersebar di rayon I sebanyak 1.148 peserta, rayon II 805 peserta, rayon III 445. Sedangkan peserta dari jalur Paket B (setingkat SMP) diikuti 26 peserta dari 2 PKBM.

“Jumlah naskah UN SMP yang dikemas kotak dus cukup sesuai berita acara. Dengan rincian, SMP 31 dus, Paket B sebanyak 1 dus, ditambah 1 dus untuk naskah susulan. Isi naskah berupa amplop soal dan LJK langsung kita periksa bersama pihak sekolah, disaksikan pihak kepolisan. Antisipasi jangan sampai kekurangan amplop yang berisikan naskah jika kurang segera kita koordinasikan ke pihak provinsi,” kata Parliansyah.

Lanjutnya, soal dan lembar jawaban UN semestinya didistribusikan ke masing-masing subrayon, harus tepat pada pelaksanaan UN. Mengingat pelaksanaan UN dilaksanakan 5 Mei, ya otomatis disalurkan pada tanggal itu. Hanya saja ada beberapa hal teknis yang menjadi bahan pertimbangan untuk disalurkan satu hari sebelum pelaksanaan UN di antaranya keadaan geografis di suatu daerah ataupun lokasinya jauh. Kemudian jarak tempuh antara rayon induk dengan subrayon yang menelan waktu cukup panjang.

“Hal itu bisa saja langsung disalurkan melalui subrayon, dengan catatan mesti dijaga ketat anggota kepolisian bersama pengawas, dan kepala sekolah,” tambahnya.

Kendati demikian ia menambahkan, untuk Pagaralam seluruh sekolah tempat pelaksanaan UN tidak ada yang terpencil dan menyulitkan. Semuanya lancar aksesnya dan dapat dijangkau dengan kendaraan.

”Semo pelaksanaan UN ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” hendaknya.

TEKS:ANTONI STEFEN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com