Pilih Industri atau Bisnis?

 281 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Industri kelapa sawit Indonesia diklaim telah memasuki babak baru dengan penerapan sertifikasi standarisasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Ketua Harian Komisi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO)  Rosediana Suharto mengatakan ISPO dibentuk untuk menunjukkan standarisasi serta meningkatkan daya saing produk sawit Indonesia dari hulu hingga hilir.

Sertifikasi ISPO menjadi tantangan bagi industri sawit nasional. ISPO merupakan kewajiban perusahaan atau plasma untuk menerapkan praktik-praktik pertanian yang baik dan berkelanjutan.

Kata Rosediana, sertifikasi ISPO sekaligus menepis tudingan bahwa industri kelapa sawit Indonesia tidak ramah lingkungan. Sebelum ada ISPO, Indonesia mengacu ke Rountable Sustainable Palm Oil (RSPO) sebagai standar sawit berkelanjutan.

“Hanya selama itu juga ternyata RSPO tidak memberikan sesuatu yang positif bagi kepentingan Indonesia.Saat ini ISPO telah memberikan sertifikasi kepada 19 perusahaan perkebunan dan menyetujui sembilan lembaga sertifikasi. Ditargetkan hingga akhir 2013 akan ada lebih dari 50 perusahaan telah di sertifikasi,” jelasnya.

Direktur Utama PT Fireworks Indonesia selaku penyelenggara Palmex Indonesia 2013 Susan Tricia mengatakan Sumatra Utara menjadi pusat dari perkebunan, pabrik pengolahan, dan produsen kelapa sawit Indonesia. Sebanyak 90 peserta pameran yang berasal dari lebih dari 7 negara di dunia yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, India, Cina, Taiwan, dan Jerman, yang akan menampilkan perkembangan terbaru teknologi dan peralatan kelapa sawit.

“Tahun ini penyelenggaraan pameran PALMEX Indonesia yang kelima kalinya. Pameran ini merupakan satu-satunya pameran industri kelapa sawit yang mengumpulkan industri hulu dan hilir serta industri pendukung lainnya secara bersamaan di ibu kota Sumatra Utara yaitu Medan, yang bertujuan untuk menampilkan perkembangan terbaru Industri kelapa sawit,” tutupnya.

 

TEKS : RINALDI SYAHRIL

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster