Kinerja Dewan tak Akan Banyak Berubah

 218 total views,  2 views today

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

PALEMBANG – Wajah-wajah baru, bakal mendominasi di DPRD baik kabupaten dan kota di Sumsel maupun di DPRD provinsi.Di DPRD Sumsel saja, dari hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Sumsel, dari 75 anggota DPRD Sumsel saat ini hanya ada 25 anggota saja yang bertahan, sisanya adalah wajah baru.

Namun menurut pengamat politik dari Universitas Sriwijaya, DR Febrian, walau wajah baru mendominasi bukan berarti bakal ada perubahan fundamental di kinerja anggota dewan kedepannya.

Pasalnya menurut Febrian, dengan sistim politik saat ini mengakibatkan demokrasi terpasung. “Mereka itu, adalah hasil dari politik transaksional. Ini bukan hanya dilakukan partai politik (parpol) tetapi juga caleg,” kata Febrian, kemarin.

Banyaknya wajah baru yang duduk di dewan kedepannya sebut Febrian, disebabkan ada kejenuhan masyarakat terhadap anggota dewan incumbent. Selain itu, caleg baru yang terpilih sebagai wakil rakyat di periode kedepan dikarenakan lebih siappp secara finansial. “Dengan kondisi ini, jangan berharap banyak bakal ada perubahan,” sebut Febrian.

Mendominasinya PDI Perjuangan di DPRD Sumsel menurut Febrian, memang sedikit banyak akan memberikan tekanan lebih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, dalam menjalan kebijakan-kebijakan.

Secara cost politik sebut Febrian, tentu akan sedikit lebih mahal untuk mengkonsolidasikan kegiatan dibandingkan di periode sebelumnya, dimana Partai Golkar mendominasi di dewan. “Namun perubahannya tidak akan banyak, sebab semuanya masih sangat tergantung kebijakan pengurus pusat partai. Selain itu, pemain-pemain lama juga masih akan mendominasi kebijakan. Apalagi budaya politik kita, antara pemerintah dan oposisi tak jauh berbeda,” tukasnya.

Sebagai informasi, seperti diberitakan Kabar Sumatera sebelumnya, Dari 75 anggota DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2009-2014, diprediksi banyak yang tersingkir. Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, 60-70 persen wajah baru akan mendominasi anggota DPRD Sumsel periode 2014-2019.

Dari Partai Gerindra misalnya, dari 10 kursi yang diprediksi didapatkan oleh partai berlambang kepala burung garuda ini, hanya tiga anggota dewan Sumsel periode 2009-2014, yang bertahan yakni Budiarto Marshul, Novran Marjani, dan Efrans Effendi. Sementara wajah baru, yang sudah dipastikan mendapatkan kursi di dewan Sumsel yakni Sujarwoto.

“Untuk sementara, kami mendapatkan 10 kursi di DPRD Sumsel namun bisa 11 kursi. Soal siapa yang terpilih, anggota dewan dari Partai Gerindra saat ini, saya prediksi sekitar 25-30 persen saja yang bertahan. Selebihnya wajah baru,” kata Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sumsel, Budiarto Marshul.

Tak hanya Partai Gerindra yang diprediksi bakal didominasi wajah baru, PDI Perjuangan juga terjadi hal yang sama. Dari partai berlambang banteng gemuk dalam lingkaran ini, hanya ada dua anggota lama yang sudah dipastikan bertahan yakni MA Gantada dan Giri Ramandha NK. Selebihnya, akan diisi wajah baru.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI Perjuangan Sumsel, Giri Ramandha NK yang dikonfirmasi, tidak memungkiri itu. Namun kata Giri, siapa caleg terpilih di dapil V, belum bisa dipastikan.

“Ini baru prediksi kita, berdasarkan laporan yang dikumpulkan dari saksi-saksi PDI Perjuangan. Besar kemungkinan, kita mendapatkan 13 kursi di DPRD Sumsel. Caleg-caleg terpilih dari PDI Perjuangan itu, mayoritas sebelumnya adalah pimpinan dewan di daerah kecuali Roby Puruhita dan Ike Mayasari ,” tukasnya.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster