Akses Menuju Sukamaju Berlumpur

49 total views, 3 views today

Salah satu titik jalan menuju Desa Sukamaju yang rusak saat diguyur hujan. | Foto : Indra SH

Salah satu titik jalan menuju Desa Sukamaju yang rusak saat diguyur hujan. | Foto : Indra SH

PALI – Beberapa titik di sepanjang jalan dari Ibukota Pendopo menuju Desa Suka Maju dan sekitarnya, dalam Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali berkubang lumpur dan terancam terisolasi. Hal itu terjadi setelah hujan deras menguyur Bumi Serepat Serasan.

Pantauan KabarSumatera, Sabtu (3/5), ruas jalan tersebut belum mendapatkan pengerasan dan perawatan. Ditambah tidak adanya saluran air yang semestinya terlebih dahulu dibangun.

Kondisi ini membuat jalan mengalami hancur dan tergenang sisa air hujan. Kendaraan yang hendak melintas pun terhambat.

Kepala Desa (Kades) Sukamaju, Mustika menjelaskan, jalan yang menghubungkan desanya dengan pusat kota Pendopo ini, sejak tahun 2004 lalu hingga saat ini, belum juga dilakukan pengerasan dan pengaspalan oleh pemerintah daerah.

“Sejak tahun 2004 lalu, terakhir dilakukan pengaspalan pak. Sehingga terdapat beberapa titik yang menjadi kubangan lumpur dan terkadang membuat jalan ini tidak bisa dilalui. Padahal, jalan tersebut merupakan jalan utama dari pusat ibukota Pendopo Kabupaten PALI, untuk menuju Kabupaten Muba,” jelasnya, Minggu  (4/5).

Mustika meyakinkan, jika jalan tersebut diperbaiki dan bahkan diaspal, maka aktifitas dan perekonomian di sepuluh desa yang berada di wilayah tersebut bisa meningkat, dan masyarakat setempat bisa menjadi sejahtera.

“Kalau bagus pasti banyak kendaraan yang akan melintas di jalan tersebut, karena jarak tempuh untuk menuju kabupaten tetangga akan lebih dekat. Begitupun perekonomian warga pasti akan lebih membaik dan berkembang,” imbuhnya.

Untuk itu, dirinya sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten PALI, untuk benar-benar memperhatikan infrastruktur jalan tersebut. “Kita sangat berharap pemerintah bisa mengutamakan perbaikan jalan, yang merupakan urat nadi perekonomian masyarakat diwilayahnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM kepada KabarSumatera menjelaskan, ruas jalan Pendopo-Talang Ojan-Sukamaju-Tanjung Baru sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten PALI tahun 2014. Bahkan saat ini perbaikan jalan tersebut sudah dilakukan.

“Jalan itu masuk prioritas kita untuk diperbaiki. Sebab kita ketahui jalan itu merupakan penghubung tiga kecamatan yaitu Talang Ubi, Penukal dan Penukal Utara,” kata Heri Amalindo.

Saat ini, pengerjaan perbaikan jalan tersebut sudah dilakukan dari Simpang Lima Pendopo menuju Sumberjo dan Talang Ojan. “Kita harapkan masyarakat dapat bersabar karena jalan itu sudah masuk program kita,” tambahnya.

Selain itu, Heri Amalindo juga berharap agar masyarakat dapat mendukung usaha pemkab untuk memperbaiki jalan-jalan yang sudah diprogramkan. “Masyarakat hendaknya juga mendukung. Pengerjaan jalan jangan sampai terhambat. Jangan sampai kontraktor yang mengerjakan jalan itu diganggu. Sebab mereka bekerja untuk kebaikan kita semua,” jelasnya.

 

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com