Partisipasi Pilpres Diprediksi Turun

 252 total views,  2 views today

PAGARALAM – Berkat adanya kerjasama yang baik semua pihak, tingkat partisipasi pemilih yang menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April lalu melampaui target hingga 87 persen.

Yenli Elmanoferi, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam  Divisi Hukum, mengaku bila tingkat partsipasi pada Pileg melampaui target yang ditetapkan KPU selaku penyelenggara pemilu.

“Semua ini terwujud berkat kerjasama semua pihak penyelenggara pemilu maupun pihak terkait lainnya. Tingkat partisipasi masyarakat pada Pileg 2014 lalu, cukup tinggi dari 85 persen yang ditargetkan mencapai 87 persen,” kata Yenli seraya berujar dari sejumlaah pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Pagaralam, untuk angka partisipasi pemilih pun biasanya berada diangka rata-rata 85 persen kebawah.

Kendati demikian lanjutnya, pada prinsipnya pihak penyelenggara terus berupaya semaksimal mungkin guna meningkatkan partisipasi ini baik melalui sosialisasi maupun membentuk sejumlah relawan demokrasi agar target dapat tercapai.

Sementara ditanya mengenai tingkat partisipasi dan target pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli nanti, Yenli menegaskan akan terjadi penurunan tingkat partisipasi pemilih dengan kisaran 60-75 persen.

“Ya, jika melihat Pilpres sebelumnya, angka partisipasi Pilpres cendrung mengalami penurunan. Sementara  sosialisasi dalam rangka meningkatan partisipasi pemilih, tidak ada beda dengan pileg,” ujarnya seraya berkata semoga proses pelaksanaan Pilpres 9 Juli nanti dapat berjalan dengan baik, aman dan kondusif.

Sebelumnya,  Irfan, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi menegaskan, bila pihak KPU tidak akan menggunakan Relawan Demokrasi (Relasi) yang direkrut sebelum Pileg lalu.

“Memang, kinerja relawan demokrasi begitu membantu pada tahapan Pileg lalu, tapi untuk Pilpres tidak akan digunakan lagi,” singkatnya.

 

TEKS  :ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster