Penyempitan Drainase Jadi Alasan Penyebab Banjir

3 total views, 3 views today

PALEMBANG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Palembang, Dharma Budhi menyebut genangan air yang terjadi di metropolis ketika hujan deras mengguyur disebabkan adanya penyempitan saluran drainase.

“Penyempitan terjadi karena sampah, dimensi terlalu kecil atau bisa juga karena endapan lumpur di dalam saluran yang memang tidak berfungsi. Sehingga, ketika hujan selama tiga jam saja, air meluber sehingga menggenangi jalan,” kata Dharma yang dibincangi belum lama ini.

Menurut Dharma, saluran drainase yang baik itu, antara pipa limbah rumah tangga, maupun limbah minyak atau yang lainnya dibuatkan secara khusus. “Sehingga air tidak tercemar, serta pipa saluran akan berfungsi baik, karena tidak ada campuran antara limbah perusahaan dan limbah rumah tangga maupun limbah lainnya. Saya contohkan di Australia, untuk pipa limbah, yah khusus limbah saja, dan itu sudah mulai dibuat pemkot dengan bangun IPAL di Sei Selayur,” bebernya.

Ditanya apakah drainase yang ada di Palembang sudah maksimal atau belum ? Dharma menjawab, banyaknya sampah di dalam saluran, atau minimnya pengerjaan fisik terhadap drainase termasuk tidak maksimal.

“Yah memang belum ada fisik, seperti di pemukiman perumahan, kedepannya dinas terkait harus lebih menekankan terhadap depelover, agar ketika mengurus izin harus disertakan juga pembangunan drainase, dan itu wajib,” ujarnya.

Ia berharap, kepada masyarakat Palembang untuk menjaga kebersihan, setidaknya jangan membuang sampah ke dalam saluran drainase. Sehingga, tidak terjadi pengendapan sampah di drainase. “Kalau drainase berfungsi dengan baik, Palembang tidak akan tergenang. Sebab itu semua pihak harus ikut menjaganya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Kota (DTK) Palembang, Isnaini Madani mengatakan, untuk mengatasi permasalahan genangan air di Palembang sudah dilakukan sejak 2008-2010, dengan cara setiap depelover melampirkan peil banjir ketika ingin memproses Izin mendirikan Bangunan (IMB). “Kami sudah buat aturan, harus dilampirkan peil banjir serta melengkapi drainase yang teralir ke sungai dengan baik,”tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com