Penerima BSM 2014 Menurun

 308 total views,  2 views today

BANYUASIN – Penerima dana Bantuan Siswa Miskin di Kabupaten Banyuasin pada tahun ini, diprediksi akan menurun. Pasalnya penerima BSM untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ini, hanya mendapatkan kuota dari pemerintah pusat sebanyak 708 siswa.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banyuasin, Fahril Huda ketika dibincangi di ruang kerjanya, kemarin mengakui  penerima dana BSM untuk tahun ini di Banyuasin, mengalami penurunan. “Namun jumlah pastinya, belum kita ketahui karena tergantung kuota yang diberikan pemerintah pusat,” kata Fahri, kemarin.

Disdik terangnya hanya mengusulkan, sementara keputusan kuota penerima BSM ditentukan pemerintah pusat. Karenannya terang Faisal, Disdik tidak bisa menjanjikan data usulan baru penerima BSM, bisa direalisasikan tahun ini.

Fahril menyebut, Disdik telah menerima uslan dari masing-masing Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) untuk penerima BSM ini. Jumlahnya, cukup signifikan hingga mencapai dua puluhan ribuan.

“Banyak usulan yang masuk ke kita, ada dari UPTD, sekolah bahkan ada dari tim sukses calon anggota legislatif (caleg). Semua usulan itu kita akomodir, dan kita ajukan. Mudah-mudahan semuanya dapat diterima, namun putusannya ada di pemerintah pusat,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Program Disdik Kabupaten Banyuasin, Sadiman. Menurutnya keputusan siapa penerima dana BSM tersebut, merupakan wewenang pemerintah pusat.

Sadiman juga memengakui, kalau penerima dana BSM tahun ini jumlahnya akan berkurang, seiring semakin meningkatnya taraf hidup masyarakat Bannyuasin. Dijelaskan Sadiman untuk tahun 2013 lalu, jumlah penerima BSM yang diusulkan ke pemerintah pusat sebanyak 39 ribu, namun yang disetujui hanya 38 ribu. “Kalau untuk tahun ini, kita belum tahu. Karena kita belum dapat laporannya, sebab kita hanya sebatas mengusulkan untuk selanjutnya kita tidak mengetahui, “ tukasnya.

 

Teks     : DIDING KARNADI

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster