Pelaksanaan MTQ Tingkat Internasional Kucurkan Rp 30 Miliar

13 total views, 3 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ini, dipastikan menggelar even-even berkancah internasional kembali. Salah satunya Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional, yang direncanakan digelar di PSCC pada 23 September mendatang.

Hal tersebut diutarakan oleh Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat, Akhmad Najib usai melakukan rapat lanjutan di kantor gubernur, kemarin. Menurut Najib, pihaknya telah merumuskan akan kebutuhan dana penyelenggaraan MTQ tersebut, hingga Rp 30 miliar. Dana tersebut, akan dikucurkan dari APBD Sumsel.

“Dana itu yang akan kita usulkan. Nilainya terbilang kecil, untuk penyelenggaraan event kelas dunia seperti MTQ nanti. Apalagi ini, untuk syiar Islam,” kata Najib kepada sejumlah wartawan, usai rapat koordinasi di ruang kerjanya, kemarin.

Najib menambahkan, bantuan juga akan dikucurkan oleh pemerintah pusat dalam membantu pendanaan MTQ tingkat dunia ini. Pemprov sendiri sudah mengkoordinasikan langsung dengan Kementerian Agama (Kemenag), bahwa pemerintah pusat harus membiayai hal tekhnis seperti pemanggilan peserta dari negara asalnya ke Palembang.

“Pembukaan MTQ tingkat dunia akan berlangsung meriah. Sejumlah artis dan hiburan dihadirkan untuk memeriahkan acara pembukaan, hingga mendatangkan qori dan qoriah terbaik yang ada di dunia sekarang,” ujarnya.

Dalam MTQ tingkat dunia nanti, dua jenis perlombaan digelar. Yakni Tilawah, lomba membaca Al Quran dengan irama dan Hafiz atau hafalan Al Quran hingga 30 juz. Pemprov memastikan 53 peserta dari seluruh dunia akan bertanding di Palembang nanti.

“Dan itu akan bertambah terus seiring waktu. Jadi, negara yang berminat bisa mendaftar dari sekarang hingga menjelang pelaksanaan yang kita rencanakan tanggal 23 September. Namun, waktu bisa berubah sesuai kebutuhan,” sebutnya.

Lebih lanjut, Najib menegaskan bila peserta asal Indonesia akan diwakilkan oleh qori dan qoriah terbaik milik Sumsel. Pemprov sudah mengajukan wakil kepesertaan Indonesia kepada Kemenag RI. “Kita kan tuan rumah, jadi minta pengertian pusat agar wakil Indonesia dari Sumsel,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com