Elnusa Sosialisasi Seismik di Dua Desa

 46 total views,  3 views today

Kegiatan Sosialisasi Seismik di Desa Talang Bulang

Kegiatan Sosialisasi Seismik di Desa Talang Bulang

PALI – Kegiatan seismik 3D Karbela yang dilakukan oleh Elnusa memasuki Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). PT Elnusa Tbk selaku pelaksana kegiatan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di desa tersebut.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (1/5/2014), kemarin bertempat di Balai Desa Kartadewa. Hadir sebagai narasumber Camat Talang Ubi, Asrohi S.Sos MH, Danramil Talang Ubi, Kapten Broto S dan Koordinator Humas PT Elnusa Adhie Salahudin Ahmad.

Kepada masyarakat, Koordinator Humas PT Elnusa Adhie Salahudin Ahmad menyampaikan bahwa kegiatan seismik yang dilakukan oleh PT Elnusa hanya sebatas membuat pemetaan terhadap isi kandungan perut bumi.

Pemetaan ini menurut adhie dimaksudkan untuk mencari gambaran untuk menentukan ada atau tidaknya kandungan minyak bumi.

“Dengan adanya pemetaan ini, nanti datanya bisa digunakan untuk menentukan apakah ada kandungan minyaknya atau tidak. Bila ternyata ada kandungan minyaknya, tidak menutup kemungkinan beberapa tahun mendatang akan ada pengeboran minyak. Dan masyarakatlah yang diuntungkan,” kata Adhie.

Seandainya tidak ada pemetaan, lanjut Adhie, maka akan sulit untuk mengetahui apakah suatu daerah memiliki kandungan minyak atau tidaknya.

“Seandainya ada kandungan minyak, maka akan memberikan pendapatan bagi daerah ini. Karena hasilnya tentunya akan dinikmati masyarakat juga,” tambahnya.

Hal ini diamini oleh Asrohi. Menurut Camat Talang Ubi ini, setiap tetes minyak yang diambil dari perut bumi di Kabupaten PALI akan menjadi pendapatan bagi daerah yang baru dimekarkan ini.

“Perlu kita ketahui, anggaran kita saat ini sebagian besar berasal dari bagi hasil penjualan minyak dan gas. Dana pembangunan jalan dan fasilitas kesehatan dan pendidikan sebagian besar berasal dari bagi hasil migas,” beber Asrohi.

Untuk itulah, kata Asrohi, dirinya menghimbau agar masyarakat dapat membantu kegiatasn seismik ini. “Kami harapkan masyarakat dapat mendukung kegiatan Elnusa ini. Karena hasil akhirnya untuk kita semua” himbau Asrohi.

Asrohi juga menyarankan, bila terdapat lahan warga yang terkena jalur rintisan kabel seismik atau terkena lintasan alat maupun terkena pengeboran, dirinya berharap dapat dibicarakan dengan Humas PT Elnusa yang ada dimasing-masing desa atau kepala desa langsung.

“Bila ada yang terkena jalur tidak usah panik, karena pati rugi oleh PT Elnusa. Besaran ganti ruginya sendiri tentunya mengacu pada SK Gubernur Sumsel Nomor 25 tahun 2009” jelas Asrohi.

Ratusan masyarakat Desa Kartadewa pada umumnya menyatakan setuju bila lahannya terkena rintisan PT Elnusa. “Pada umumnya kita setuju, karena kegiatan seperti ini untuk kebaikan masa depan anak cucu kami nanti. Harapan kami, PT Elnusa dalam melakukan kegiatan seismik agar menghargai pemilik lahan seperti minta izin dan sebagainya” urai Irwan Ibrahim Mahbor, Kepala Desa Kartadewa.

Sehari sebelumnya, kegiatan serupa juga dilakukan di Desa Talang Bulang kecamatan Talang Ubi. Didesa ini juga, mayoritas warga menyetujui kegiatan survey seismik 3D Karbela.

 

Teks/Foto    : Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com