Awasi Kinerja PDAM Tirta Musi

13 total views, 3 views today

ilustrasi

PDAM Tirta Musi

PALEMBANG – Untuk menampung berbagai persoalan di PDAM Tirta Musi, Mantan Wali Kota Palembang, Edy Santana Putra, akan membentuk forum pelanggan air bersih. Forum ini menurut Eddy, bertujuan menampung berbagai keluhan dari para pelanggan air bersih.

“Cikal bakal dari forum ini bahkan sudah ada. Saya dan tim, telah menggelar beberapa kali pertemuan guna membahas pembentukan forum ini. Mudah-mudahan dalam waktu dekat forum ini, bisa segera diresmikan,” kata Eddy dibincangi, Kamis (1/5/2014).

Eddy mengatakan, forum ini nantinya akan beranggota berbagai perwakilan dari kalangan masyarakat. Mulai dari pensiunan perusahaan air minum, perwakilan perguruan tinggi (PT), serta masyarakat umum lainnya.

Bahkan, dalam pelaksanaanya forum ini juga akan bekerjasama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Sebab, keberadaan forum ini juga erat kaitannya dengan pembelaan atas hak-hak pelanggan selaku konsumen air bersih.

“Nantinya, melalui forum masyarakat khususnya pelanggan air bersih yang merasa dirugikan atas pelayanan air bersih dari pihak perusahaan maka dapat melapor, untuk selanjutnya kami fasilitasi untuk diteruskan ke perusahaan terkait,” ujarnya.

Menurut Eddy, berbagai pekerjaan pemerintah khususnya yang terkait dengan masyarakat harus diawasi. Termasuk diantaranya terkait pelayanan air bersih. Apalagi, selama ini banyak masalah yang terjadi terkait air bersih ini. Mulai dari kebocoran, kualitas air, distrubusi yang kerap mandek dan lain-lain.

Namun terangnya, masih sangat sedikit masyarakat atau kelompok masyarakat yang berpartisipasi menjadi pemerhati air bersih ini. Hal ini sedikit berbeda dengan sektor lain yang mulai banyak disoroti para pakar, seperti transportasi, lingkungan dan lain-lain. “Nantinya pengawasan air bersih ini akan dimulai dari sumber air baku atau kualitas sungai hingga hasil produksi airnya,”ujarnya.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi, Cik Mit yang dimintai komentarnya terkait rencana mantan orang nomor satu di Palembang itu, enggan berkomentar. Namun kata dia, PDAM dalam waktu dekat, akan meluncurkan call center pengaduan pelanggan.

“Keberadaan call center ini, akan lebih efektif bagi pelanggan yang ingin menyampaikan keluhahan, saran dan ide kepada PDAM dibandingkan melalui perantara seperti forum dan lain-lain. PDAM juga, akan  menerima segala bentuk pengaduan masyarakat baik dalam bentuk short message service (SMS) atau pesan singkat, telepon ataupun e-mail,” jelasnya.

Menurutnya, pembentukan call center ini, bukan bertujuan sebagai tandingan dari forum milik masyarakat. Namun, hal ini semata sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat pelanggan. “Saat ini pembentukan call center masih dalam proses. Ditargetkan pada akhir Mei, telah bisa beroperasi,” tukasnya

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com