16 Titik Sumber Gas Dan Batubara Ditemukan

 1,198 total views,  2 views today

Ilustrasi Tmbang Batubara

Ilustrasi Tambang Batubara

KAYUAGUNG Terdapat 16 sumber tambang gas dan batu bara di wilayah Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) saat beberapa perusahaan yang bergerak di bidang tambang gas dan batu bara sudah berniat untuk berinvestasi di Kabupaten OKI. Beberapa sumber tambang itu berada di kecamatan Cengal, Sungai Menang, Lempuing dan Mesuji Makmur.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati OKI, M Rifai, bahwa ada 16 perusahaan yang sudah berniat untuk berinvestasi di Kabupaten OKI untuk mengelola sumber tambang batubara dan gas metan yang ada di kabupaten OKI.” Paling banyak sumber tambang batu bara terdapat di Cengal dan Sungai Menang, sementara di Lempuing,” katanya.

Dengan banyaknya sumber tambang Gas dan Batubara, Wabup berharap kedepan Kabupaten OKI menjadi salah satu daerah penghasil gas Metan dan Batubara.

”Titik sumber batubara itu kebanyakan berada di lahan masyarakat dan di lahan yang masuk dalam kawasan yang sudah masuk dalam HGU perusahaan  perkebunan,” ujarnya.

Menganai lokasi sumber batubara yang berada di lahan masyarakat hal itu menurut wabup bisa langsung di bicarakan dengan pemilik lahan tersebut, sementara yang masih menjadi kendala saat ini sumber tambang yang berada di dalam kawasan perusahaan perkebunan.” Saat ini masih kita bicarakan dengan perusahaan perkebunan yang kawasannya terdapat sumber batubara itu, agar batubara bisa di kelola oleh perusahaan pertambangan,” ungkapnya.

Dijelaskan wabup, dengan ditemukannya banyak titik sumber batubara, itu artinya kabupaten OKI bukan hanya wilayah yang cocok untuk berinvestasi dibindang perkebunan dan kehutanan saja, setapi kabupaten OKI juga sangat potensial untuk investasi di bidang tambang batubara dan gas metan.

“Kita berharap penemuan sumber energi dan tambang batubara ini dapat membawa kemashlahatan bagi masyarakat OKI, oleh sebab itu semua pihak dapat mendukung terlaksananya program ini yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat OKI,” jelasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pertambangan dan energy (Distamben) OKI, Man Winardi selain pengahsil batubara Kabupaten bakal menjadi salah satu daerah penghasil Sumber Daya Alam (SDA) berupa Gas Metan Batubara atau Coal Beat Methane (CBM), hal ini dapat dilihat dari penemuan potensi umber Gas Metan di Desa Balian Makmur, Kecamatan Mesuji makmur dan di Desa Tebing suluh, Kecamatan lempuing OKI.

Penemuan ini dari hasil eksplorasi yang dilakukan oleh PT East Ogan Methane, bahwa sampai saat ini sudah ada dua lokasi yang berpotensi menjadi sumber gas metan di Kabupaten OKI, dengan demikian Kabupaten OKI kedepan akan menjadi salah satu daerah penghasil Gas Metan.

“Penemuan sumber energi hulu di wilayah Kabupaten OKI ini akan sangat bermanfaat, sumber daya energi diperut bumi kita makin lama makin menipis. Karenanya perlu adanya sumber energi alternatif untuk mencukupi kebutuhan kita,” ujarnya.

Khusus untuk Gas Metan, Jika ekplorasi berhasil, menurut  dia maka akan lebih meningkatkan pendapatan daerah. “Selama ini kita hanya selaku daerah bagi hasil (DBH) untuk pendapatan disektor tambang dan galian, kita berharap kedepan kita adalah daerah penghasil, bukan daerah yang mendapat bagi hasil,” ungkapnya.

 

Teks     : DONI AFRIANSYAH

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster