XL-AXIS Integrasikan Jaringan di Bangka Belitung

 176 total views,  6 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANGPT XL Axiata Tbk (XL) belum lama ini secara resmi telah merampungkan proses merger dengan PT Axis Telekom Indonesia (AXIS) yang ditandai dengan penandatanganan akta merger oleh kedua belah pihak. Sebelumnya, pada 19 Maret lalu, XL telah menyelesaikan kesepakatan akuisisi AXIS dan telah secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas di AXIS. Penyelesaian proses akuisisi ini dicapai setelah XL memperoleh seluruh persetujuan yang dipersyaratkan sebelumnya dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement – CSPA), yang meliputi, Persetujuan dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo), Persetujuan pemegang saham XL melalui RUPSLB, Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pernyataan tidak ada keberatan dari Bursa Efek Indonesia, Persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk rencana akuisisi, dan Persetujuan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terhadap rencana akuisisi dan merger XL – AXIS.

Melalui akuisisi dan merger dengan AXIS, XL diharapkan akan mampu memberikan layanan yang lebih baik dan menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Sementara, konsolidasi ini juga mendukung tujuan pemerintah untuk merealisasikan program broadband nasional. Dari aspek ekonomi, merger XL-AXIS juga akan mendorong pendapatan negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor telekomunikasi terus meningkat.

Pasca merger, banyak hal dan proses yang saat ini sedang dilakukan sebagai upaya untuk menyatukan dua entitas yang ada, XL dan AXIS. Salah satunya adalah proses integrasi di segala bidang, termasuk integrasi infrastruktur jaringan secara bertahap.

Bangka Belitung menjadi salah satu area yang pertama dimana jaringan XL-AXIS “bersatu”. Hal ini mengingat mayoritas pengguna layanan seluler di kedua pulau tersebut adalah pelanggan setia XL.

VP XL Regional Sumatera, Haryo Wibowo mengatakan, Integrasi jaringan akan membuat kualitas layanan dan jaringan XL-AXIS menjadi lebih baik (better). Hal ini dikarenakan adanya penambahan lebar spektrum frekuensi. Prosesnya kami lakukan secara bertahap, hingga benar-benar didapat hasil yang optimal.

Selain jaringan, pihaknya juga mengintegrasikan hal penting lainnya seperti layanan customer service, sistem tarif/billing, dan juga ketersediaan produk di pasar yang lebih luas (wider).

“Dengan lebih banyak manfaat yang diperoleh oleh pelanggan, tentunya juga akan mendorong peningkatan jumlah pelanggan serta akan memperbesar komunitas sesama pengguna (bigger),” terangnya.

Menurutnya, tidak hanya infrastruktur jaringan yang sudah terintegrasi, namun juga sistem pelayanan lainnya kini sudah dalam satu atap dan bersama-sama. Secara otomatis pelanggan AXIS akan menjadi pelanggan XL dan akan mendapatkan pelayanan di XL Center sesuai dengan kebutuhan. Pelanggan yang ingin berbelanja produk AXIS juga bisa melakukan pembelian di layanan yang tersedia di XL, seperti pengisian pulsa melalui dompet pulsa. Berbelanja produk XL dan AXIS keduanya bisa dilayani toko/ ritel outlet manapun. Demikian juga untuk saluran distribusinya, sudah menjadi satu.

Dikatakannya, total pelanggan XL di Bangka Belitung saat ini lebih dari 700 ribu pelanggan. Untuk mendukung kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan seluler, XL di Bangka Belitung didukung dengan lebih dari 570 BTS termasuk lebih dari 130 di antaranya adalah BTS 3G. Jaringan XL di Bangka Belitung juga didukung oleh hamparan serat optik yang terbentang dari Kuala Tungkal (Jambi) – Sungai Liat (Bangka) – Mentigi (Belitung) – Ancol (Jakarta), melalui kabel optik bawah laut. Kondisi ini memastikan kapasitas komunikasi, baik data maupun voice/SMS akan tercukupi.

Teks     : AMINUDDIN

Editor    : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster