Semua Produk Honda Gunakan Teknologi Injeksi

 327 total views,  2 views today

Produk Honda Teknologi Injeksi

Produk Honda Berteknologi Injeksi

PALEMBANG – Semakin menyeluruhnya program penyematan teknologi injeksi PGM-FI pada tiap-tiap produk motor honda membuat pabrikan ini bersiap untuk meningkatkan layanan purnajualnya.

Astra Motor, sebagai perusahaan bidang operasi produk sepeda motor honda berusaha meningkatkan layanan service (perbaikan unit) dengan mengadakan kompetisi mekanik yang tujuannya adalah mengukur seberapa jauh kemampuan teknisinya dalam melayani pelanggan dan memperbaiki motor dengan sistem injeksi.

Technical Training instruktur Astra Motor Palembang, Tri Iwantoro  mengatakan, saat ini, hampir 100 persen produk honda sudah disematkan teknologi injeksi. Kemungkinan dua produk lainnya akan diluncurkan pada Mei mendatang.

Melihat kondisi ini, sangat penting bagi pabrikan untuk memantau kesiapan mekaniknya dalam memperbaiki motor injeksi.

“Sebenarnya sejak tahun 2005, Honda sudah memberikan pelatihan bagi para mekanik untuk menangani produk injeksi. Namun, dalam kompetisi ini, kami ingin mengukur apakah mereka (mekanik) sudah menjalankan tugas sesuai SOP (Standart Operating Prosedure) atau belum,” ujarnya, Senin (28/4).

Pada kompetisi ini diikutsertakan sekitar 118 mekanik dan 78 Service Advisor (SA) yang datang dari 105 jaringan AHASS yang ada di Sumsel. Para peserta ini adalah, mekanik yang sudah memiliki pengalaman berkisar 2-3 tahun. Dari jumlah tersebut, telah disaring  menjadi 21 mekanik dan 18 Advisor. Kemudian, hari ini (kemarin) diambil 10 terbaik dari mekanik dan 5 dari SA.

“Mereka semua akan mengikuti beragam kompetisi mulai dari praktek meja, role play (SA) dan trouble shooting,” katanya.

Dari tahapan tersebut akan dipilih satu orang dari setiap bagian untuk mengikuti kompetisi secara nasional di Makasar pada Sepetember mendatang. Lanjut Tri, kesiapan tenaga ahli untuk proses perbaikan sudah dilakukan sejak dini, dimana Honda bekerjasama dengan pihak sekolah membuat kerjasama dalam hal pemberian kurikulum mengenai mekanik motor produk honda.

“Kerjasama yang sudah kami lakukan saat ini adalah dengan SMK Negeri Palembang,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kerjasama service juga dilakukan terhadap mitra binaan yakni bengkel tradisional yang diberikan pengarahan serta pelatihan untuk menangani motor injeksi.

“Khusus untuk mitra binaan dipilih bengkel yang ada di kota-kota diluar Palembang,” pungkasnya.

Teks     : AMINUDDIN

Editor    : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster