Sekolah Berlabel Internasional Akan Diaudit

 286 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANGTerkuaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi di Jakarta International School (JIS), membuat dinas pendidikan di seluruh provinsi ikut mengaudit setiap sekolah internasional. Tak terkecuali Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel juga akan mengaudit sekolah-sekolah dengan label internasional sesuai instruksi dari Kemendikbud. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kadisdik Sumsel, Widodo usai menghadiri Rapat Paripurna di gedung DPRD Sumsel, Senin (28/4/2014).

Pasalnya, untuk sekolah internasional di Sumsel sendiri masih belum ada, karena izin operasionalnya itu ada di pusat dan saat ini kriteria sekolah internasional khususnya di Palembang masih dalam proses perizinan. Sekarang ini yang dimiliki oleh Sumsel hanya eks rintisan sekolah bertaraf internasional saja dan yang  mendekati label tersebut.

“Mudah-mudahan di sini tidak terjadi hal seperti itu. Makanya, nanti kita akan mengintensifkan ke dalam dulu kemudian mengecek dan memonitoring semua sekolah dengan pihak kabupaten/kota, apakah internasional itu hanya labelnya saja atau eks sekolah-sekolah RSBI. ” ujar Widodo.

Diakui Widodo, audit tersebut penting agar Disdik bisa memberikan pertunjuk lebih baik kepada siswa yang menimba ilmu di sekolah-sekolah berlabel internasional.

“Sebab pelecehan seksual memberikan efek yang sangat berbahaya bagi anak yang menjadi korban. Baik trauma psikis maupun fisik yang akan berpengaruh pada kondisi masa depannya,” bebernya.

Karena itu, tambah Widodo, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat dan orangtua harus pandai-pandai memilih dan memilah sekolah yang baik bagi anak-anaknya sebagai calon siswa.

“Jadi di sini sekali lagi, peran orangtua sangat penting untuk masa depan anaknya selain mendapatkan pengetahuan juga pandai dalam mendidik supaya pintar untuk bergaul. Di Sumsel saat ini belum pernah ada laporan seperti itu, namun demikian untuk mengantisipasi kami akan monitoring dalam waktu dekat,” pungkasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster