Sampah Masih Menumpuk Di Ruko Pasar

 300 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

MUARA ENIM – Tumpukan sampah hingga memenuhi badan jalan disamping Ruko Pasar Bantingan Tanjungenim, masih terjadi hingga saat ini. Belum terlihat seorang petugas kebersihan, yang mengangkut tumpukan sampah tersebut.

Warga disekitar lokasi tumpukan sampah tersebut, mengaku terganggu dengan sampah-sampah yang dibiarkan membusuk serta mengeluarkan aroma bau yang tak sedap. Tak jarang warga harus menutup hidung, ketika melintas kawasan tersebut.

Sangkut (28), salah warga yang dibincangi saat melintas di lokasi tersebut mengaku terganggu dengan aroma tak sedap, yang keluar dari tumpukan sampah itu. Ia mengaku harus menutup hidung, ketika sedang melintas. Ia mengatakan, tumpukan sampah itu, dibiarkan cukup lama tanpa diangkut petugas.

“Lihatlah mas sampah-sampah ini, sampai sekarang sudah memenuhi jalan. Biasanya jalan ini dapat dilewati kendaraan roda empat, tetapai sekarang ini tidak bisa lagi. Orang yang melintas pun terpaksa tutup hidung,” kata Sangkut, Senin (28/4/2014).

Sangkut menambahkan, tumpukan sampah tersebut juga mengganggu warga yang bermukim disekitarnya. Ia menerangkan, ada salah satu penghuni ruko yang membuka warung makan harus rela pelanggannya menurun karena tumpukan sampah yang tidak jauh dari tempat usahanya itu.

“Ada yang cerita kepada saya, kalau warung makannya sepi gara-gara sampah yang menumpuk ditempat itu. Jika seperti ini jelas kasihan lah mereka yang tinggal disini. Padahal ditempat itu kan bukan untuk membuang sampah. Mudah-mudahan sampah-sampah tersebut cepat diangkut petugas,”harapnya.

Sementara itu, Camat Lawang Kidul, Asarli Manudin mengatakan, untuk mengatasi tumpukan sampah terebut, pihaknya sudah berkoordinasi  dengan petugas kebersihan agar tumpukan sampah itu segera diangkut dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ia menambahkan, saat ini sudah ada TPA di kawasan Bukit Kendi, Tanjung Enim. Luasnya mencapai 20 hektar.  “Kita berharap, tumpukan sampah itu segera diangkut dan dibuang ke TPA tersebut. Sudah ada 20 hektar lahan yang disediakan Pemkab Muaraenim untuk TPA tersebut, namun sementara baru enam hektar yang dipakai,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, TPA tersebut kini tengah dikerjakan oleh Dinas PU Cipta Karya (CK) Muaraenim. PT Bukit Asam terangnya, juga membantu untuk pembangunan jalan akses.  “Semoga dalam minggu ini, sampah-sampah yang menumpuk dimana-mana bisa diangkut ke TPA tersebut,” harapnya.

Kepala UPTD Kebersihan dan Pertamanan Kecamatan Lawang Kidul, Umar Thoyip ketika dihubungi koran ini berjanji secepatnya akan mengangkut tumpukan sampah tersebut, apalagi saat ini UPTD Kebersihan mendapatkan bantuan alat berat dari PT BA.

“Kita usahakan minggu ini, semua tumpukan sampah itu sudah kita angkut. Sebelumnya kita terkendala alat berat untuk mengangkut sampah tersebut, namun sekarang sudah mendapatkan bantuan dari PT BA,” tukasnya.

 

Teks     : SISWANTO

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster