Rp 150 Juta Untuk Kelurahan

6 total views, 3 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Kelurahan-kelurahan di Palembang, tahun ini bakal mendapatkan kucuran dana Rp 150 juta. Dana tersebut berasal dari dana stimulan yang dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan bantuan gubernur (bangub).

Dana tersebut kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (BPMK) Palembang, Heri Aprian, tak lama lagi bisa dicairkan. Sebab dananya sudah tersedia.  “Saat ini untuk dana stimulan sudah tersedia, tinggal pengajuan, apa saja yang akan dibangun di. Setelah itu, baru dilakukan pencairan,” kata Heri dibincangi, Senin (28/4/2014).

Heri menyebutkan, dari 107 Kelurahan yang mendapatkan bantuan stimulan besarannya sama, yakni Rp 50 juta. Selain itu, setiap kelurahan di metropolis juga mendapatkan dana sebesar Rp 100 juta, dari bangub.

Sehingga setiap kelurahan totalnya, akan mendapatkan  kucuran dana Rp 150 juta. Dana ini sebutnya, dapat digunakan sesuai peruntukannya. “Dana tersebut diberikan tujuan utamanya, untuk mendorong masyarakat menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing dengan penghijauan,”jelasnya.

“Dana tersebut di fokuskan untuk penghijauan, tetapi bisa juga untuk membangun sarana dan prasarana, seperti pembangunan jalan setapak, dan lain sebagainya,” bebernya.

Disebutkan Heri, setiap kelurahan pasti berbeda dalam menggunakan dana tersebut, misalnya untuk kawasan Seberang Ulu (SU), dana tersebut juga dipergunakan untuk melakukan pembersihan sungai, pembangunan drainase dan lainnya.

“Yah tergantung keperluan, di kawasan SU kan dekat dengan sungai, disamping itu sungai sangat penting bagi warga di kawasan tersebut. Biasanya dana itu, ada yang ditujukan untuk pembersihan eceng gondok, dan lainnya,” ujarnya.

Heri mengaku, dana tersebut di dapat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Palembang dan dari dana APBD Sumsel. “Dana stimulan ini setiap tahunnya sama, yakni Rp 50 juta, sementara untuk dana Bagub, baru Tahun 2014,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com