Pencuri Minyak Pertamina Dibekuk

 234 total views,  2 views today

Kliwon (52) warga Jalan Sepakat Jaya 2, Kelurahan Sukareja, Kecamatan Kemuning, Palembang

Kliwon (52) warga Jalan Sepakat Jaya 2, Kelurahan Sukareja, Kecamatan Kemuning, Palembang

PALEMBANG – Satu dari delapan tersangka pembobolan pipa minyak milik PT Pertamina, berhasil dibekuk petugas Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polsekta Kemuning, Sabtu (26/4/2014).

Pelakunya yakni, Kliwon (52) warga Jalan Sepakat Jaya 2, Kelurahan Sukareja, Kecamatan Kemuning, Palembang. Tersangka kini harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Kemuning.

Penangkapan berawal saat, anggota Polsek Kemuning melakukan pemeriksaan terhadap saksi  guna mencari identitas pelaku. Dari hasil pemeriksaan diketahui salah satu dari pelaku yakni Kliwon.

Mendapat informasi tersebut anggota Polsek Kemuning dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Kemuning  langsung melakukan penyergapan terhadap pelaku. Alhasil pelaku berhasil di tangkap tak jauh dari kediamanya tanpa perlawanan.

Tersangka Kliwon langsung digelandang ke Polsek Kemuning guna pemeriksaan lebih lanjut. Dari nyanyian Kliwon saat menjalani pemeriksaan, berhasil diketahui identitas pelaku lainya.  Tujuh pelaku yakni, WA, YA, WL, RK, sementara tiga pelaku lainya tidak di kenal selaku sopir dan kenek.

Diceritakan Kliwon, pengeboran pipa minyak terjadi pada tanggal 18 April 2014 oleh RK dan WL sementara Keliwon hanya mengawasi lingkunagan sekitar TKP.

“Yang punya rencana WL, Saya cuma di suruh jaga situasi di depan ruko sementara RK dan WL yang ngebor. Saya di kasih upah Rp 1,2 juta, saat pengeboran Jumat (18/4/2014), dan Rp 600 ribu saat ngawasi penyedotan  Selasa (22/4) lalu,” kata Kliwon.

Kliwon menambahkan, dirinya tidak mengetahui minyak tersebut dijual kemana, namun saat penyedotan ada dua mobil colt diesel yang sudah di modifikasi.

“Dua mobil saat itu minyak yang berhasil disedot, saya tidak tahu mau dijual kemana, saya cuma kebagian ngawasi saja, mau dijual ke mana dan siapa yang membeli saya tidak tau pak,” ujar Kliwon.

Sementara itu,  Kapolsek Kemuning Palembang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Nuraini melalui Kanit Reskrim Ipda Yahya Roni mengatakan satu dari delapan pelaku berhasil diamankan.

“Satu pelaku terkait kasus pencurian minyak berhasil kita amankan setelah kita lakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, sementara tujuh pelaku lainya masih buron, untuk pelaku yang kita tangkap kita jerat dengan pasal pencurian,” pungkas Yahya.

 

Teks     : Oscar Ryzal

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster