Karyawan PT TA Satu Bulan Sudah Dirumahkan

61 total views, 3 views today

ilustrasi

ilustrasi

BATURAJA – Sebanyak 300 buruh dari PT Tonggak Ampuh (TA), Senin (28/4/2014), melakukan aksi. Aksi tersebut dilakukan mereka, karena sudah hampir satu bulan terakhir di non aktifkan dari tempat mereka bekerja.

“Tuntutan kami agar pihak perusahaan memberikan kejelasan status kami, sebagai karyawan yang sudah di nonaktifkan sejak awal April 2014,” kata Usman Irawan, koordinator lapangan (korlap) saat dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, penonaktifan tersebut bermula pada awal Januari lalu. Saat itu, pihak perusahaan yang bergerak dibidang produksi tiang beton listrik itu, hanya mempekerjakan karyawan secara bergilir hingga Maret 2014.

Ia mengungkapkan, sejak Januari 2014 hanya bekerja selama seminggu dalam satu bulan, itupun dilakukan secara bergilir. Pada awal April terangnya, sekitar 300 karyawan PT TA dirumahkan. “Kalau memang kami diberhentikan, perusahaan harus memberi kami pesangon,” ucap Usman.

Pantauan Kabar Sumatera, aksi tersebut melibatkan Pekerja Harian Lapangan (PHL) dan Pekerja Kontrak Waktu Tertentu (PKWT) di tiga desa yakni Desa Pusar, Laya dan Batu Kuning. Aksi mereka mendapatkan kawalan ketat dari Kepolisian Resort (Polres) OKU.

Setelah melakukan orasi cukup lama, akhirnya perwakilan buruh PT TA berdialog dengan manajemen PT TA dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten OKU, dengan dimediasi oleh Polres OKU di Mapolsek Baturajar Barat.

Dalam mediasi tersebut, perwakilan dari manajemen PT TA, Ansori menyebut, 300 karyawan yang dirumahkan statusnya bukan diberhentikan.  “Sejak 14 April lalu, sebagian karyawan memang diliburkan karena kondisi perusahaan yang sedang sulit,” jelas Ansori.

Ia menerangkan, saat ini stok tiang listrik beton di gudang penyimpanan PT TA, menumpuk yakni sebanyak 6000 batang. Jumlah tersebut, tidak sebanding dengan jumlah tiang yang dipesan PLN. “Kami mohon agar karyawan memberikan kami waktu selama sepekan, untuk penyelesaian masalah ini agar tidak ada yang dirugikan,” tukasnya.

 

Teks     : MUSLIM

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com