Jalan Khusus Batubara akan Ditambah

 467 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Jalan khusus batubara yang ada di Sumsel akan bertambah. Pasalnya PT RMK Energy akan membangun jalan khusus sepanjang 150 kilometer dari Gandus, Palembang sampai Simpang Meo, Lahat. Nilai investasi sendiri ditaksir mencapai 50 Juta US Dollar.

“Kami sudah minta izin dengan Gubernur, nah kami diarahkan untuk melengkapi persyaratan yang ada sehingga bisa mendapatkan izin untuk membangun jalan khusus tersebut,” kata Direktur Utama PT RMK Energy, Toni Saputra usai rapat di Griya Agung, kemarin (28/4/2014).

Pihaknya sendiri sudah melakukan studi pembangunan ini sejak enam bulan lalu. Jalan yang akan dilalui sendiri memang akan melewati perkebunan, rawa, dan lainnya. “Kita harapkan bisa membangun secepatnya karena proses pembangunan memakan waktu dua tahun jika syarat sudah lengkap dan akan dibangun secara bertahap,” ujarnya.

Hal itu dilakukan pihaknya lantaran proses pengiriman batubara dari Lahat menuju Palembang terkendala oleh jalan khusus. Untuk itulah pihaknya melakukan alternatif tersebut agar bisa mengakomodir perusahaan tambang besar untuk bisa mengeluarkan hasil produksinya.

“Kami mengakomodir beberapa perusahaan tambang karena kami juga memiliki Pelabuhan di Gandus. Sistemnya juga kami akan menyediakan kendaraan sendiri agar perawatan bisa lebih mudah,” tegasnya.

Disinggung mengenai pembangunan jalan khusus yang dibangun pihak lain mengalami masalah, ia menegaskan, pihaknya sudah mempelajari hal itu. “Tentunya kita tak ingin seperti itu kita ada tim khusus yang melakukan pembangunan ini,” ujarnya.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, pemprov mempersilahkan siapa saja yang ingin membangun jalan khusus. Namun, ia mengingatkan agar benar-benar teliti dan melakukan pengitungan yang akurat. “Jangan terjebak nafsu besar namun kedepan nanti kenyataan tak sesuai harapan,” jelasnya.

Meski begitu, Alex mengaku pihaknya mendukung hal tersebut. Pasalnya, truk batubara memang tak boleh lagi melewati jalan umum sehingga jalan khusus menjadi alternatif yang dapat digunakan. “Kita hanya berikan rekomendasi karena persyaratan sendiri dari menteri,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster