Distribusi e-KTP Tak Kunjung Selesai

39 total views, 3 views today

distribusi e-ktp

distribusi e-ktp

PALEMBANG – Pendistribusian Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP di Palembang, hingga saat ini masih belum selesai juga. Sedikitnya, masih ada 46 ribu wajib KTP yang sudah melakukan rekam data, namun belum juga memperoleh e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, Ali Sobri mengatakan, terlambatnya pendistribusian e-KTP ini, bukan kesalahan dari Disdukcapil. Keterlambatan tersebut jelasnya, berasal dari Dirjen Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal ini terangnya, tidak hanya terjadi di Palembang, tapi juga di seluruh Indonesia. “Kami sudah menyampaikan ke pusat, memang butuh proses. Kalau e-KTP nya sudah sampai ke Palembang, tentu akan langsung didistribusikan ke kecamatan,” terang Ali yang dibincangi usai sosialisasi pencatatan sipil, di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Senin (28/4/2014).

Ditanya soal adanya penyelidikan dugaan korupsi pada e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kemendagri, Ali menjawab, sejauh ini belum berpengaruh pada proses pembuatan e-KTP di Palembang.

“Memang sekarang sedang ada penyelidikan kasus e-KTP oleh KPK. Tapi, sampai sekarang tidak ada pengaruhnya dengan pembuatan e-KTP di Palembang. Jumlah warga yang merekam e-KTP juga tidak ada penurunan atau kenaikan, masih seperti biasa. Yah, kami di daerah hanya sebagai pelaksana,” ucapnya.

Ali mengaku kedepan pihaknya terus mensosialisasikan untuk pembuatan e-KTP ini kepada masyarakat. Karena sampai sekarang, masih ada masyarakat yang beranggapan tidak perlu memiliki e-KTP.

“Dari hasil sosialisasi kita ke seluruh kecamatan, masih ada yang beranggapan belum perlu membuat e-KTP. Khususnya, untuk anak-anak pelajar yang berusia 17 tahun keatas dengan dalih masih memiliki kartu pelajar, dan warga datangan yang sudah menetap di Palembang. Padahal, jika memang menetap di Palembang, mereka harus menghapus KTP lama di daerah asal. Sebab, dengan sistem yang ada e-KTP tidak bisa mencatat data ganda,” ulasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya memiliki kartu identitas sangat penting. “Karena itu, bagi yang belum merekam identitasnya harap segera merekam ke kantor kecamatan. Bagi yang belum mendapat e-KTP nya, harap bersabar karena memang semua dari pusat,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com