UN Tingkat SMP Sederajat di OKU

 247 total views,  2 views today

Suasana UN di salah satu sekolah. Foto ; Bagus Kurniawan KS

ilustasi

BATURAJA – Usai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA sederajat, 5 Mei mendatangi giliran siswa SMP sederajat kelas akhir yang akan ‘bertempur’ untuk menentukan kelulusannya dalam UN tahun 2014.

Di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU),  tercatat pelaksanaan UN tersebut akan diikuti 5,442 siswa. Rinciannya menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten OKU, Helmi melalui Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum, Bimo Santoso 4,825 peserta berasal dari SMP dan 617 peserta dari Madrasyah Tsanawiyah (MTs), baik swasta maupun negeri yang ada di OKU.

“Pelaksanaannya, tidak berbeda jauh dengan pelaksanaan UN SMA. Mulai dari pendistribusian soal sampai dengan pengawasan ujian, akan melibatkan pihak kepolisian,” kata Bimo ketika dibincangi, kemarin.

Ia menerangkan, soal dan lembar jawaban komputer (LJK) tersebut akan tiba di Kabupaten OKU, pada 2 Mei mendatang. Setelah soal dan LJK tersebut diterima, Disdik terangnya akan langsung mendistribusikannya ke masing-masing rayon.

Bagaimana antisipasi kerusakan LJK, seperti yang ditemukan pada pelaksanaan UN SMA beberapa waktu lalu ? Bimo menyebut, hal itu bisa saja terjadi. Namun menurutnya itu diluar kendali sebab ada ribuan lembar LJK yang akan diterima dan tidak semuanya  dalam kondisi sempurna.    “Sebagai antisipasinya, ada soal dan LJK cadangan di setiap sekolah. Sehingga jika ditemukan ada soal atau LJK yang rusak, bisa langsung diganti,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bimo juga menghimbau seluruh peserta UN SMP untuk mulai bersiap. “Jangan pernah terpengaruh dengan isu bocornya soal. Lebih baik bersiap, dengan belajar sebaik mungkin,” tukasnya.

 

Teks     : MUSLIM

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster