Test Non PNS Gunakan Sistim CAT

 244 total views,  2 views today

MUARAENIM – Manajemen RS Dr HM Rabain Muaraenim bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, menggunakan sistim Computer Assited Test (CAT) dalam seleksi pegawai non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di RS itu yang dilaksanakan, Jumat (25/4/2014) lalu.

Dalam seleksi selama dua hari yakni 26-27 April menurut Direktur Utama (Dirut) RS Dr HM Rabain,  dr H Suwandi Syafitra, diikuti  300 peserta terdiri dari D III Keperawatan sebanyak 225 orang dan S1 Keperawatan sebanyak 75 orang.

Selama seleksi kata Suwandi, tim dari BKN turun langsung mengawasi. Pelaksanaaanya sendiri jelas Suwandi, dibagi delapan gelombang yakni lima gelombang pada Sabtu (26/4) dan sisanya tiga gelombang, seleksi dilaksanakan pada Minggu (27/4/2014).

“Seluruh soal, dari BKN Pusat. Kita terapkan sistim CAT dalam seleksi ini, guna menjamin pelaksanaan seleksi benar-benar murni. Selama pelaksanaanya, ada 40 unit komputer dan enam unit komputer cadangan, yang kita pakai. Penerapan sistim ini, untuk di Sumatera baru kita pertamakali melaksanakannya. Kalau di Indonesia, kita nomor dua menerapkan sistim ini dalam seleksi pegawai,” jelas Suwandi, kemarin.

Ia juga menerangkan, nantinya mereka yang lulus seleksi itu akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan. “Idealnya, satu tempat tidur ada tiga perawat. Sehingga mereka bisa menjaga pasien dalam 1 x 24 jam, dalam tiga shift,” bebernya.

Sementara itu, perwakilan dari BKN RI, Sose Rinaldo menyebut, ada 100 soal yang diberikan kepada peserta untuk dikerjakan selama 90 menit. Soal tersebut, terdiri atas empat jenis yakni Test Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal.

Kemudian Test Intelengensi Umum (TIU) 30 soal, Test Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. “Soalnya multi perchois, dengan skema dan tingkat kesulitan berbeda. Untuk nilai maksimal 500,” ujarnya.

Dimana terang dia, untuk soal TWK dan TIU jika jawaban benar mendapatkan poin lima, tetapi jika salah poinnya nol, tidak berkurang. Sementara untuk soal TKP,  walau pun jawaban kurang tepat peserta masih tetap mendapatkan nilai yakni satu dengan interval penilaian 1-5. “Seluruh jawaban benar, namun dari jawaban tinggal mencari jawaban yang paling benar dan akan mendapatkan poin lima,” ucapnya.

Sose menambahkan, ada ribuan jenis soal yang disiapkan BKN didalam bank data dengan karakteristik dan tingkat kesulitan berbeda-beda. Dimana ketika login mulai dimasukkan, soal akan keluar secara acak. Ketika ditanya apakah ada soal yang menyangkut calon presiden, Sose dijamin tidak ada.

“Kami apresiasi dengan RS Dr HM Rabain Muaraenim, yang menerima pegawai non PNS melalui sistim CAT. Ini yang kedua dilakukan di Indonesia, sebelumnya telah dilakukan di Kutai Kertanegara, Kaltim,” tukasnya.

 

Teks     : SISWANTO

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster