Pemprov Kucurkan Rp 146 M Untuk PNPM

 257 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), akan mengalokasikan dana sebesar Rp 146, 6 miliar, untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan atau PNPM.

“Alokasi dana itu, akan dibagikan ke semua kabupaten dan kota di Sumsel. Dana itu, total gabungan dari dana APBD Sumsel dan APBN. Rinciannya APBD Sumsel Rp 13,360 miliar dan APBN Rp 133.240 miliar,”  kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMDP) Sumsel, Agus Yudiantoro, kemarin.

Tahun ini, lanjut Agus, alokasi dana bantuan untuk PNPM mandiri tertinggi diberikan kepada Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan nilai alokasi sebesar Rp 22,5 miliar yang disebar ke 15 kecamatan.

Sementara alokasi dana yang terkecil, diberikan ke Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sebesar Rp 2,1 miliar yang disebar ke dua kecamatan yakni Kecamatan Penukal dan Talang Ubi.

Disinggung mengenai kelanjutan program ini pasca pergantian kepemimpinan di negeri ini yang akan berlangsung sebentar lagi, Agus sangat meyakini jika proram ini akan terus berlanjut. “Pasti akan terus berjalan sampai akhir tahun dan seterusnya, kalaupun nanti berubah kemungkinan besar hanya namanya saja,” yakinnya.

Bentuk perubahan yang mungkin akan terjadi menurutnya adalah penggabungan program PNPM mandiri ini dengan UU Desa, yang baru saja disahkan oleh DPR. “Mungkin nanti program ini akan menjadi lebih kuat, UU desa yang sekarang ini mewajibkan daerah mengalokasikan besaran dana sebesar 5 persen, dari dana perimbangan yang diterima oleh kabupaten/kota yang bersangkutan,” jelasnya.

Contoh aplikasi dari program UU Desa ini antara lain disebutkan Agus, sudah diterapkan di beberapa kabupaten dan kota seperti di Kabupaten Muba, Banyuasin dan Muaraenim. “Pada dasarnya seluruh kabupaten dan kota sudah aplikasikan ini, tapi besarannya masih bervariatif sesuai kemampuan APBD masing-masing daerah. Di Muba misalnya, dengan menjalankan program 1 Milyar 1 Desa,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster