OKU Masih Kekurangan P3N

 308 total views,  2 views today

BATURAJA – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), masih kekurangan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N).  Di Bumi Sembimbing Sekundang ini, belum semua desa dan kelurahan memiliki petugas P3N.

Kepala Kantor (Kakan) Kementrian Agama (Kemenang) Kabupaten OKU, H Darami saat dibincangi di ruang kerjanya, kemarin menyebut saat ini tercatat baru ada 143 orang petugas P3N di OKU.

“Jumlah itu masih kurang, idealnya setiap desa dan kelurahan memiliki satu petugas P3N. Di OKU sendiri ada 157 desa dan kelurahan, artinya kita masih kekurangan sekitar 14 tenaga PN3 lagi,” kata Darami, kemarin.

Saat ini terang Darami, Kemenang OKU tengah melakukan rekrutmen P3N untuk menutupi kekurangan tersebut. Calon P3N tersebut nantinya, akan mengikuti berbagai tahapan seleksi seperti tes tertulis dan wawancara.

Tujuannya, agar P3N yang direkrut benar-benar berkualitas. Sebab Kemenang sebut Darami, mengharapkan petugas P3N tersebut nantinya tidak hanya bertugas menikahkan saja tetapi juga bisa membina majelis taqlim dan kegiatan keagamaan di desa dan kelurahan yang menjadi wilayah tugasnya.

Disinggung soal gaji P3N, Darami membeberkan, mulai tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU, menganggarkan dana di APBD untuk menggaji P3N tersebut. “Setiap orang mendapatkan gaji Rp 150 ribu perbulan,” bebernya.

Disamping itu kata dia, seluruh P3N tersebut juga akan mendapatkan bantuan berupa uang sebesar Rp7, 2 juta pertahun perorang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. “Dananya berasal dari bantuan Gubernur (Bangub) untuk desa,” ujarnya.

Selain itu kata Darami, pada 2013 lalu sebanyak 48 P3N di OKU juga telah mendapatkan bantuan kendaraan operasional berupa sepeda motor masing-masing satu unit dari pemprov. “Sebenarnya jatah kita 50 unit, namun yang mengumpulkan data hanya 48 unit. Mudah-mudahan tahun ini, bantuan itu bisa digulirkan kembali,” tukasnya.

 

Teks     : MUSLIM

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster