Kinerja PPL di Evaluasi

 263 total views,  2 views today

PAGARALAM – Pasca Pemilihan Legislatit (Pileg) 9 April 2014 lalu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pagaralam segera mengevaluasi jajaranya, terutama terhadap personil Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) yang selama proses pemilu berlangsung dinilai tidak beres atau tidak becus dalam bekerja. Demikian dikemukakan  Komisioner Panwaslu Kota Pagaralam Divisi Umum, Edy Budi Ahmadi, Ahad  (27/4/2014).

Menurutnya, sebanyak 243 personil PPL yang direkrut dan di tempatkan di lima kecamatan se-Kota Pagaralam mempunyai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai pemantau pelaksanaan pemilu di 450 TPS, sejauh ini akan segera dilakukan evaluasi. Bahkan diantara mereka ada beberapa orang yang akan diberhentikan, karena dinilai tidak independen dan transparansi dalam menjalankan tugas.

“Saat ini kita telah menerima laporan, jika ada diantara PPL yang tidak bekerja dengan sesungguhnya atau bisa dikatakan hanya makan gaji buta saja,” kata Edy.

Kendati demikain, Panwaslu akan segera melakukan perombakan terhadap personil PPL yang ada, apalagi saat ini sudah mulai fokus pada tahapan pemilihan presiden (Pilpres) yang akan diselenggarakan 9 Juli mendatang.

“Personil PPL tersebut tidak banyak, tapi tetap akan kita berhetikan dan kita ganti dengan yang lain,” ujarnya seraya berkata PPL merupakan ujung tombak dilapangan, sehingga perananya pun dinilai begitu penting dalam membantu Panwascam dan Panwaskota.

Selanjutnya perombakan PPL pun kata Edy, tidak lepas dari rekomendasi Panwascam, karena mereka pun ikut mengawasi kinerja PPL. Begitu pula bagi PPL yang dianggap baik, maka mereka akan diperpanjang SK nya.

“Sebetulnya kita inginkan ada penambahan personil PPL, setidaknya sama dengan jumlah TPS yang ada. Sehingga tiap-tiap TPS bisa ditempatkan satu PPL,” katanya seraya berujar semoga pada pelajksanaan pada pilpres mendatang kinerja PPL hingga Panwaskota dapat semakin optimal.

 

Teks     : ANTONI STEFEN

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster