Juni Mulai Dilaksanakan Perbaikan Pemukiman Kumuh

 264 total views,  2 views today

PALEMBANG – Rencana Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Kota Palembang, untuk melakukan perbaikan rumah-rumah kumuh yang ada di metropolis, akan segera terlaksana. Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Dinas PU CK Palembang, Albert Medianto mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan survei ulang, agar penerima bantuan tersebut benar-benar dari kalangan yang membutuhkan.

“Untuk tahun ini akan dilakukan pembangunan sebanyak 1.000 rumah terlebih dahulu, pelaksanaanya saat ini sedang dalam tahap survei ulang agar penerima bantuan ini benar-benar tepat,”ungkapnya saat dihubungi, Minggu (27/4/2014).

Menurut Albert, dana yang digunakan untuk program tersebut berasal dari APBD Kota Palembang. Sedangkan untuk rehab rumah kumuh sebanyak 1.000 unit lainnya, dananya sedang diajukan pada Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

“Untuk merehab rumah-rumah kumuh ini, dianggarkan Rp 10 juta per unitnya. Rinciannya, Rp 9 juta untuk material dan Rp 1 juta untuk upah tukang. Sebenarnya ini bukan bedah rumah, karena kami memberikan bantuan berupa dana untuk merenovasi rumah-rumah kumuh, “ jelasnya.

Menurut Albert, pembangunan rumah kumuh untuk tahun ini akan di fokuskan pada kawasan Seberang Ulu (SU). Adapun kawasan yang akan dilakukan perbaikan adalah Kertapati sebanyak empat kelurahan, Seberang Ulu (SU) I sebanyak empat kelurahan, dan SU II sebanyak dua kelurahan.

Untuk mendapatkan dana bantuan dalam program tersebut jelas Albert, syaratnya rumah tanga miskin (RTS) dengan penghasilan dibawah Rp 2 juta perbulan. Kemudian, bekerja di sektor informal dan lainnya. “Untuk itu, kami membentuk tim survei, untuk memastikan penerimanya tepat sasaran,” tukasnya.

 

Teks     : ALAM TRIE PUTRA

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster