Prabumulih Buat Kebun Percontohan

 2,292 total views,  2 views today

PRABUMULIH – Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan (DP2KP) Kota Prabumulih akan membuat kebun percontohan untuk melestarilan buah nanas. Hal ini dilakulan karena langkanya buah nanas yang juga merupakan icon bagi Kota Prabumulih.
Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan (DP2KP) Syamsurizal menuturkan, saat ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 30 ribu rumpun bibit untuk ditanam di lahan milik Pemerintah Kota yang berlokasi di Pangkul.
“Kita telah menyiapkan sekitar 30 ribu rumpun nanas untuk ditanam di lahan seluas tiga hektar di daerah Pangkul,” ungkapnya.
Syamsurizal memastikan bibit nanas yang telah disiapkan tersebut, merupakan nanas asli Kota Prabumulih dari perkebutanan warga di Sungai Medang.
“Itu bibit asli nanas Prabumulih. Disana (Sungai Medang) tradisi masyarakat menanam nanas masih bertahan, walaupun menanamnya memanfaatkan area kebun karet,” ujarnya.

Syamsurizal berharap apa yang dilakukan oleh pemerintah dapat memberikan contoh bagi masyarakat untuk melestarikan buah nanas yang merupakan icon Kota Prabumulih.
“Kita ini kota Nanas tapi kok lambang itu seolah telah hilang, kita lihat penjual
nanas sudah semakin langka di Kota Prabumulih. Untuk itu, sebelum menyerukan kepada masyarakat untuk melestarikan nanas, pemkot harus lebih dulu memberikan contoh,” bebernya.

 

Teks     : IRSAN MATONDANG

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster