Polisi Buru Sindikat Pemalsu Surat Pensiunan PNS

 225 total views,  2 views today

PALEMBANG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), terus berupaya memburu pelaku sindikat pemalsu surat pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Eddy Mustopa, melalui Kasubdit III, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kristovo, mengatakan pihaknya sudah mengantongi identitas pelaku yang merupakan tiga orang wanita.

“Sebelumnya kami mendapat laporan dari pihak Bank BTPN, bahwa pihak Bank telah mengamankan seorang wanita dan seorang pria yang berupaya memalsukan surat pencairan pensiunan PNS,” ungkapnya, Jumat (25/4/2014).

Lanjutnya, terungkapnya identitas ketiganya didapat dari keterangan Iwan (30), tersangka yang berhasil diamankan saat kejadian. “Ketiganya berinisial Yn, Zh, dan Wl. Nama-nama itu didapat dari keterangan Iwan dan Nurbaiti,” kata Kristovo.

Satu dari ketiga buron, lanjut Kristovo, diduga sebagai otak dari pemalsuan surat untuk mencairkan uang pensiunan, yakni Yn. Sementara peran kedua wanita yang lain masih belum diketahui.

Sementara Iwan, masih kata Kristovo, sudah diamankan di dalam ruang tahanan Mapolda Sumsel. Sementara Nurbaiti, meski belum diberlakukan penahanan, salah satu guru SD ini terus diperiksa oleh petugas. Ia juga sudah dihimbau untuk tidak coba melarikan diri.

“Para pelaku ini bisa dijerat pasal penipuan. Mungkin saja, dua yang sudah ditangkap dan tiga yang masih buron hanya segelintir dari sindikat yang lain,” pungkas Kristovo.

Seperti diketahui, petugas marketing Bank BTPN Palembang menggagalkan usaha penipuan yang dijalani Iwan dan kelima rekannya. Iwan, yang hendak mencairkan uang pensiun dengan mengaku sebagai suami dari Yn, diketahui membawa identitas dan surat keterangan pensiun PNS yang palsu. Bersama Nurbaiti, Iwan selanjutnya diamankan di Mapolda Sumsel.

Sementara Wl, Zh, dan Yn berhasil melarikan diri sesaat sebelum aksi yang dijalani Iwan dan Nurbaiti diketahui oleh petugas bank. Ketiganya kabur dengan naik mobil Daihatsu Terios putih yang dikendarai Zn.

 

Teks     : Oscar Ryzal

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster