Petugas P3N Jadi Dewan

 388 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PAGARALAM – Kemungkinan besar adanya Petugas Pencatat Peristiwa Nikah (P3N) yang lolos menjadi anggota Legislatif, pihak Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pagaralam mesti secepatnya memikirkan pengganti yang bersangkutan. Demikian dikemukakan Kepala Kemenag Kota Pagaralam Drs H Ramlan Fauzi melalui Kabag Tata Usaha Drs HA Nizom, kemarin (25/4/2014).

Dikatakan Nizom, sejauh ini memang sudah terdengar ada petugas P3N yang kemungkinan besar akan menjadi anggota DPRD Kota Pagaralam masa bhakti 2014-2019. Kendati demikian, tentunya yang bersangkutan tidak akan menjadi petugas untuk menikahkan orang lagi.

“Kami menilai yang bersangkutan rasanya tidak akan mungkin lagi tetap menjadi petugas P3N untuk menikahkan orang, seteah menjadi anggota dewan,” jelas Nizom.

Ia mengatakan, untuk petugas P3N se-Kota Pagaralam terdapat sekitar 60 orang petugas. Selama ini mereka mampu mengcover lima kecamatan yang ada di Pagaralam.

“Untuk jumlah terbesar petugas P3N ada di Kecamatan Pagaralam Selatan, mengingat jumlah penduduk terbesar ada di wilayah itu,” terangnya.

Sementara petugas yang menjadi caleg itu lanjut Nizom,  berasal dari daerah pilihan (Dapil) 2 Pagaralam Selatan. Sehingga langkah antisipasinya yakni harus secepatnya mencari penggantinya.

“Apalagi saat ini hendak memasuki musim panen komuditi jenis kopi, mengingat mayoritas profesi warga di Bumi Besemah ini dari petani seiring akan menghadapi bulan Ramadhan, biasanya banyak warga yang menggelar hajatan perkawinan,” ujarnya seraya berkata begitu pula para petugas di beberapa tempat tidak cukup waktu karena jadwal sangat padat.

Kemudian kata Nizom, bila memang dirasa kurang petugas tentunya akan direkrut ulang petugas baru dengan beberapa persyaratan.

“Diantaranya minimal lulusan SMA, mampu membaca dan menulis Alquran, mampu menyampaikan materi nikah sekaligus khutbah nikah,” terangnya seraya menambahkan dan yang terpenting adalah didukung dan diusulkan masyarakat serta mendapat rekomendasi dari pejabat kelurahan atau kecamatan dan  mengikuti tes di Kantor Kenmenag ini.

Pantauan di lapangan, selama pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) ada beberapa nama yang selama ini dikenal sebagai petugas P3N yang mencalonkan diri menjadi caleg di beberapa partai yang ada. Mesti begitu, hingga kini yang mampu meraih suara cukup dominan hanya ada satu nama petugas P3N yakni Kadino atau Ustad Aldin Ridho. Namun, sejauh ini belum ditetapkannya nama-nama calon anggota baru dewan di Bumi Besemah ini membuat nama-nama dewan baru itu tergolong enggan untuk berkomentar.

Terpisah, Ketua KPU Kota Pagaralam Hendri melalui Komisioner Divisi Hukum Yenli Elmanoferi mengatakan, setelah pleno dilakukan adalah penetapan anggota DPRD Kota yang baru. Namun, hal tersebut masih menunggu pelaksanaan pleno hingga tingkat pusat dan menunggu perkembangan sampai tidak ada lagi sengketa pemilu.

“Penetapan nama-nama calon terpilih kemungkinan akan diumumkan pada Mei nanti,” singkatnya.

 

Teks     : ANTONI STEFEN

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster