Pemprov Gandeng Unsri

 236 total views,  2 views today

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), akan menggandeng Universitas Sriwijaya (Unsri), untuk pengembangan kawasan pedesaan di Sumsel. Bentuk kerjasamanya, adalah pengembangan kawasan pedesaan baik secara teknologi, infrastruktur dan lainnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Sumsel, Agus Yudiantoro menyebut, pemprov memanfaatkan hasil penelitian dan teknologi yang dihasilkan dari riset kalangan akademisi untuk pengembangan pedesaan.

“Ada sejumlah hasil riset berupa alat, yang sudah dihasilkan oleh peneliti di Unsri. Ini, yang akan kita manfaatkan untuk masyarakat di pedesaan. Cara ini, lebih efisien jika dibandingkan kita mendatangkan alat atau teknologi dari luar negeri,” kata Agus yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (25/4).

Pemprov terang Agus, akan menggelar pameran teknologi hasil riset para peneliti di Unsri. Nantinya sejumlah kalangan baik pemangku kepentingan maupun pengusaha, akan diundang agar bisa mengaplikasikan penerapan itu secara massal.   “Sebenarnya sudah ada beberapa teknologi hasil riset kalangan akademisi, yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat di pedesaan. Misalnya, di Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

Disana jelas Agus, petani sudah memanfaatkan alat untuk menabur benih hasil riset Unsri. “Selama ini kalau manual, bibit itu dimasukan satu satu, dengan alat ini sekali tanam bisa 60 lubang termasuk pembuatan lubangnya. Setelah itu, ada juga alat untuk mengolah air dari payau menjadi layak minum, dan banyak lagi yang lain,” tukasnya.

 

Teks     : IMAM MAHFUZ

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster