Minim Perhatian, Warga Swadaya Bangun Jalan

 305 total views,  2 views today

hl---Warga Desa Kijang Ulu memerbaiki ruas jalan alternative Kayuagung – SP Padang sepanjang 4 KM.

Warga Desa Kijang Ulu memperbaiki ruas jalan alternative Kayuagung – SP Padang sepanjang 4 KM.

KAYUAGUNG – Merasa kesal jalan mereka tak kunjung diperbaiki pemerintah, ratusan warga Desa Kijang Ulu Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI, secara swadaya melakukan perbaikan jalan poros Kayuagung-SP Padang yang kondisinya mengalami kerusakan yang cukup parah.

Sebab, kerusakan jalan yang telah terjadi sejak lama ini kerap kali menjadi penyebab peristiwa lakalantas, bahkan puluhan kali pengendara kendaraan roda dua yang mengalami kecelakaan lantaran terjebak masuk kedalam lubang hingga menyebabkan korban tewas maupun luka-luka.

Terlebih lagi jika malam hari  kondisi lubang tak terlihat, demikian juga jika jalanan diguyur hujan maka lubang-lubang tersebut tertutup air menjadi genangan yang membahayakan para pengendara, Padahal seharusnya jalan ini menjadi tanggung jawab pemkab OKI untuk memperbaikinya, apalagi akses jalan ini sangat penting dalam perekonomian masyarakat yang sebagian besar petani.

Perbaikan jalan ini diprakarsai oleh masyarakat setempat dengan cara bergotong royong membeli batu koral, pasir dan semen, selanjutnya lubang yang ada dijalan sepanjang 4 KM ditimbun dengan coran semen sesuai dengan tingkat kerusakannya.

Perbaikan jalan ini sendiri setidaknya sudah berangsung selama tiga hari mulai sejak Selasa (22/4/2014) hingga kemarin, dengan peralatan seadanya warga melakukan perbaikan, sedangkan untuk biaya konsusmsi warga secara sukarela membawa sendiri-sendiri makanan dari rumah.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat H Asnawi mengatakan, perbaikan jalan ini terpaksa dilakukan masyarakat secara swadaya mengingat kondisi jalan yang memang sudah demikian parah, jalan aspal yang menjadi jalur alternative dari Kayuagung  menuju ke Kecamatan SP – Padang – Jejawi dan Palembang ini sudah lama tidak dilakukan perbaikan.

“ini murni inisiatif warga yang merasa prihatin dengan kondisi jalan yang rusak, sebab sudah banyak memakan korban karena kecelakaan,” ujarnya.

Dijelaskannya, warga menyadari perbaikan jalan ini tentu saja tidak akan bertahan lama mengingat intensitas kendaraan yang melintas cukup tinggi, namun jika dibiarkan kondisinya akan semakin bertambah parah.

“Perbaikan ini sangat mendesak, kita berharap perbaikan jalan dapat di lakukan oleh pihak pemerintah,” katanya.

Sementara itu Tokoh Pemuda Desa Kijang Ulu, Ilyas (50), mengatakan, perbaikan jalan ini tak lain tujuannya adalah untuk kepentingan masyarakat banyak, dan yang patut  diapresiasi adalah dukungan masyarakat Kijang Ulu yang secara kompak diajak untuk bergotong royong memperbaiki jalan.

“Masyarakat mau kita ajak bergotong royong dan ini patut diapresisasi positif, dan kami tetap berharap pihak pemerintah dapat melakukan perbaikan untuk ruas jalan ini, sebab di lokasi lain kondisinya juga tidak kalah parah seperti di Desa Turusan Laut dan sekitarnya, apalagi kemarin jalan itu sempat di rendam banjir,” kata Ilyas.

 

Teks     : DONI AFRIANSYAH

Editor    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster